Info 7 Makanan Khas Bali Paling Populer Wajib di Coba

by

Pulau Bali memang memberikan kesan yang luar biasa ketika anda sedang berlibur karena menawarkan banyak destinasi wisata yang begitu indah dan mempesona sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang terpesona dengan eksotik tempat wisata di Bali yang terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Sejuta tempat wisata yang menjadi favorit di Pulau Bali mulai dari pantai, air terjun, gunung, danau dan keunikan budayanya.

Tak hanya atraksi wisata dan budaya, Bali juga sangat terkenal dengan pura lokalnya yang menjadi favorit wisatawan yang berlibur. Ada banyak tempat makan favorit di Bali dengan masakan khas Bali yang wajib Anda coba. Berikut makanan tradisional Bali yang wajib Anda coba. Apakah kamu penasaran? Apa saja menu khas Bali yang paling terkenal, yuk simak.

1. Nasi Jeruk: Makanan Termurah di Bali

Nasi Jeruk khas Bali

Nasi Jinggo merupakan makanan murah meriah yang sangat terkenal di Bali, hidangannya terdiri dari nasi putih disertai lauk pauk seperti ikan goreng, serundeng, ayam cincang seukuran kepalan tangan yang dibungkus dengan daun pisang. Harga nasi jinggo per porsi tahun 2019 berkisar Rp. 3000 hingga Rp 5000.

2. Kelelawar Bali enak

Masakan Khas Bali: Lawar Bali
Masakan Khas Bali: Lawar Bali

Salah satu makanan khas Bali yang wajib dicoba adalah lawar Bali yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan sayuran dan bumbu kelapa. Menu makanan lawar ini merupakan menu utama sehari-hari rumah tangga masyarakat Bali. Anda bisa membelinya di seluruh Bali, mulai dari warung sederhana hingga restoran dengan harga mulai dari Rp. 5000 – Rp 10.000.

3. Seromobat khas Bali

Makanan Khas Bali : Seromotan
Makanan Khas Bali : Seromotan

Menu makanan yang sangat nikmat ini merupakan menu sayur yang bahan dasarnya adalah kangkung yang terdiri dari kacang bulat kecil, kacang panjang, kangkung, daun bayam dan tauge yang semuanya direbus setengah matang. Perlu anda ketahui bahwa menu makanan serobotan ini disantap dengan nasi dan bisa anda temukan di warung-warung sederhana khas Bali yang tersebar di seluruh Bali.

4. Ayam Betutu Spesial Gilimanuk Paling Terkenal

Masakan Khas Bali: Ayam Betutu
Masakan Khas Bali: Ayam Betutu

Makanan khas Bali yang satu ini wajib Anda coba karena rasanya yang sangat lezat dan sangat terkenal karena berbahan dasar bebek atau ayam. Kata betutu sendiri berasal dari kata Tunu yang berarti panggang dan dipadukan dengan kata Be yang berarti daging. Masakan ayam betutu bisa Anda coba mulai dari warung makan sederhana hingga restoran terkenal di Bali.

5. Bali Guling

Masakan Khas Bali: Babi Guling
Masakan Khas Bali: Babi Guling

Inilah menu makanan paling istimewa di Bali yang terbuat dari daging ayam betina atau jantan yang kemudian perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun singkong lalu dipanggang dengan cara digulung atau diputar hingga matang. Untuk mendapatkan masakan khas Bali ini anda bisa datang ke warung Babi Guling Pak Malen, warung Babi Guling Candra, warung Babi Guling Ibu Oka, dll.

6. Sate Lilit Bali

Masakan Bali: Sate Lilit
Masakan Bali: Sate Lilit

Sate khas Bali ini sangat terkenalJadi buruan traveller yang sedang berlibur ke Pulau Bali, sate yang biasanya terbuat dari daging sapi, babi, ikan atau ayam ini dimasak dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Setelah dicincang dan dibumbui, adonan tersebut ditempelkan pada bambu atau rotan dan dibakar di atas arang. Sate bungkus ini bisa Anda dapatkan di warung dan restoran sederhana yang ada di Bali.

7. Tipat Cantok

Masakan Bali Spesial: Tipat Cantik
Masakan Bali Spesial: Tipat Cantik

Makanan khas Bali berikutnya adalah Tipat Cantok yang merupakan makanan tradisional Bali yang terbuat dari berbagai sayuran rebus yang dicampur dengan ketupat dan saus kacang. Harga mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 7000 per porsi, Anda bisa mendapatkannya di warung sederhana hingga restoran di Bali.