Info 4 Tempat Wisata Pura di Bali Paling Instagramable

by

Berlibur ke Bali bersama keluarga atau sahabat rasanya kurang tepat jika belum mengunjungi pura yang sangat instagrammable ini sangat cocok bagi Anda yang suka memposting foto di media sosial khususnya Instagram. Bali terkenal menawarkan banyak tempat wisata yang unik dan sangat bersejarah. Di bawah ini adalah tempat wisata pura di Bali yang instagrammable dan sangat rekomendasi untuk Anda kunjungi selama berada di Bali.

1. CANDI TAMAN SWING

Tempat Wisata Pura di Bali Taman Ayun

Tempat wisata pura di Bali ini sangat menarik, terletak di Mengwi, sebuah pura di Bali yang sangat indah desainnya dan banyak terdapat taman yang dikelilingi kolam ikan. Pura Taman Ayun merupakan Pura Induk atau Paibon bagi keluarga kerajaan Mengwi yang terletak sekitar 18 kilometer sebelah utara Kuta. Pura Taman Ayun mempunyai nilai sejarah, mempunyai nilai seni yang tinggi, unik dan magis menjadikannya salah satu tempat wisata di Bali yang ramai dikunjungi pengunjung. Suasana pura nyaman & menyenangkan yang sangat asri dan tertata rapi dengan taman dan rerumputan hijau serta selalu terjaga kebersihannya. Terdapat 10 bangunan Meru, yang tertinggi sebelas di antaranya dihiasi dengan ukiran atau ukiran artistik dari masa kerajaan.

2. BESAKIH PURA

Tempat Wisata Pura Besakih
Tempat Wisata Pura Besakih

Tempat wisata di Pura Besakih merupakan pura terkenal di Bali yang terletak di Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. lereng Gunung Agung. Keindahan Gunung Agung bisa Anda saksikan langsung dari Pura Besakih yang merupakan pura utama dari seluruh pura yang ada di Pulau Bali. Dilihat dari sejarahnya, Pura Besakih bermula ketika Rsi Markandeya, seorang pemimpin Hindu keturunan India, menjelajahi Pulau Bali menyusul suara gaib yang diterimanya saat bermeditasi di dataran tinggi Dieng.

Candi Besakih dibangun pada tahun 1284 sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan didirikan. Pura Besakih mempunyai 3 bagian yaitu Pura Panyungsungan Jagat yang mempunyai 20 pura, Pura Kawitan yang mempunyai 17 pura, dan Pura Dadya yang mempunyai 9 pura. Pura Penataran Agung merupakan pura yang unik dan berbeda karena mengandung unsur teras punden yang desain arsitekturnya merupakan hasil karya nenek moyang kita dari Indonesia dan belum pernah kita lihat di tempat lain di luar Indonesia. lebih dekat dengan Sang Pencipta, Sang Hyang Widhi. Adalah.

3. CANDI GUNUNG KAWI

Wisata Pura di Bali: Gunung Kawi
Wisata Pura di Bali: Gunung Kawi

Saat pertama kali menginjakkan kaki di objek wisata Candi Gunung Kawi, anda akan merasakan suasana asri & sejuk dikelilingi pepohonan rimbun dan tampak hijau yang tumbuh di sekitar kawasan objek wisata Candi Gunung Kawi. Kuil| Gunung Kawi mempunyai sejarah yang ditemukan oleh peneliti asal Belanda pada tahun 1920, menurut penjelasannya candi ini dibangun pada masa pemerintahan Udayana hingga putranya Anak Wungsu pada abad ke 11. Pemandangan di sekitar candi ini didominasi oleh pemandangan alam. dindingnya diukir dari batu, berumur ratusan tahun dan dihiasi lumut hijau.

Di bagian barat kompleks candi terdapat sebuah tempat pertapaan yang dikenal dengan nama Vihara. Pada dinding candi terdapat sebuah lengkungan yang bertujuan untuk melindungi dan mencegah erosi yang menyebabkan kerusakan pada candi. Selain candi terdapat kolam pemandian air mancur. Dan di sisi barat sungai terdapat 4 kumpulan candi unik yang dipisahkan oleh aliran air sungai Pakerisan. Pura Gunung Kawi terletak 40 kilometer dari kota Denpasar yang dapat Anda capai dengan sepeda motor atau mobil dalam waktu 1 jam.

4. CANDI GOA LAWAH

Wisata Pura di Bali : Goa Lawah
Wisata Pura di Bali : Goa Lawah

Tempat Wisata Pura Goa Lawah merupakan tempat wisata pura penting dari 6 pura yang ada di Bali yang terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Candi Goa Gajah merupakan bagian dari peninggalan sejarah yang telah mengalami pemugaran yaitu Gua Kelelawar yang mempunyai ciri khas Candi Goa Lawah yang di huni oleh ribuan ekor kelelawar dan tidak hanya itu di muara goa juga terdapat seekor ular. yang memberikan ini. memberikan efek mistis. Di mulut gua juga terdapat sejumlah makam yang berfungsi sebagai tempat sembahyang dan sebagai bangunan meru kokoh yang menjulang tinggi dan tampak indah serta sangat megah.

Pura Goa Lawah mempunyai keterkaitan yang erat dengan Pura Besakih, dipercaya goa yang ada di Goa Lawah ini merupakan pintu keluar Ida Bhatara Hyang Besakih yang datang dari Gunung Agung melalui Gua Raja yang ada di Besakih.