Tok! Marzuqi Mustamar Dicopot, Pekan Depan PBNU Siapkan Penggantinya – Berita Jatim

by
Tidak Ada Hubungan dengan Politik

Pahami.id – PBNU akan mempersiapkan pengganti KH Marzuqi Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim setelah dicopot dari jabatannya beberapa waktu lalu.

Pantauan wartawan, kondisi terkini Kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 9, Gayungan, Surabaya tampak sepi.

Sejak viral (kabar pencopotan Kiai Marzuqi dari jabatan Ketua PWNU Jatim, Red), situasi sepi, kata sumber di lokasi dikutip dari Berita Jawa Timur – Jaringan Pahami.id, Kamis (4/1/2024).

Sekilas tidak ada yang menarik. Di depan pintu lobi gedung hanya terparkir mobil operasional dengan nama PWNU Jatim. Sementara di sisi gedung, hanya terlihat pekerja yang sedang membersihkan diri.

Maklum, dalam dua pekan ke depan akan diputuskan pengganti Kiai Marzuqi. Penetapan Ketua PWNU Jatim yang baru akan dilaksanakan melalui rapat paripurna gabungan.

Salah satu tokoh yang menggantikan Kiai Marzuqi sebagai Ketua PWNU Jatim adalah Ketua Urusan Agama PBNU KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Gus Fahrur usai rapat harian PBNU. Dimana, salah satu isi pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah terkait pelantikan Ketua PWNU Jatim yang baru.

“Ada beberapa nama yang disebutkan. Termasuk namaku,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menjelaskan kewenangan mengusulkan calon pengganti Ketua PWNU Jatim ada di tangan Rais Syuriah.

“Pengganti sementara bisa melalui rapat paripurna dan dipimpin oleh Rais Syuriah. “Kalau tidak dilaksanakan, keputusan ada di PBNU, bisa diangkat, tergantung situasi dan keadaan,” kata Gus Ipul.