Pastikan Surat Suara Pemilu Rampung 20 Desember, KPU Situbondo: Keesokan Harinya Kami Jemput – Berita Jatim

by
Pastikan Surat Suara Pemilu Rampung 20 Desember, KPU Situbondo: Keesokan Harinya Kami Jemput

Pahami.id – Pesta demokrasi di Indonesia akan segera dimulai. Pada tanggal 14 Februari 2024, seluruh warga negara di negara ini akan menggunakan hak pilihnya.

Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memastikan surat suara pemilu akan selesai pada 20 Desember.

Kemudian, KPU Situbondo akan melaksanakan rekrutmen pada 21 Desember 2023 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto mengatakan, KPU RI telah menjadwalkan pencetakan surat suara pemilu legislatif dan pemilu presiden di Temprina Gresik, pada 12 Desember mendatang.

“Jadi tanggal 20 Desember 2023 sudah selesai dilakukan pemungutan suara calon DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD khusus kabupaten/kota Situbondo, dan keesokan harinya tanggal 21 Desember kita akan mengambil surat suara dan tentunya dengan aparat kepolisian. pengawalan,” katanya.

Setelah surat suara sampai di gudang logistik KPU Situbondo, lanjut Marwoto, tahapan selanjutnya adalah beberapa tahapan mulai dari penyortiran, pelipatan kertas suara, dan kemudian tahap pengemasan.

Selain menata surat suara, petugas KPU juga menata berbagai jenis logistik pemilu, kotak suara, bilik, perlengkapan pemungutan suara, dan jenis logistik lainnya yang telah disimpan di gudang.

Menurut Marwoto, sejak November lalu, pengadaan utama KPU RI, KPU provinsi, dan kabupaten telah dilakukan, dan dari tiga pengadaan logistik yang telah selesai seluruhnya, pengadaan KPU provinsi, dan beberapa daerah juga telah selesai. dan disimpan di gudang.

“Sekarang pengadaan lengkap tahap pertama yaitu pengadaan KPU RI sudah ada di gudang, kemudian beberapa pengadaan KPU daerah juga sudah selesai. Tinggal menunggu pengadaan kedua sampai akhir Desember yang sudah ada beberapa formulir dan termasuk surat suara,” ujarnya.

Marwoto mengaku hari ini pihaknya menggelar rapat koordinasi terkait pengadaan dan penyiapan distribusi logistik mulai dari tingkat mukim hingga desa, dengan mengundang narasumber dari kejaksaan dan kepolisian setempat.

“Perlu rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyampaikan bagaimana pengadaan dilakukan, bagaimana kita melaksanakan pengadaan termasuk mendampingi pendistribusian dari gudang logistik ke mukim hingga desa dan TPS termasuk petugas pengawalnya,” ujarnya.

Marwoto menambahkan, KPU Situbondo menjadwalkan pendistribusian logistik pemilu pada H-7 pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 yakni pada Februari 2024.

Data KPU Situbondo menyebutkan, terdapat 469 bakal calon legislatif yang terdaftar dalam dokumen DCT dari 16 partai politik yang sebelumnya ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Ke-16 parpol tersebut adalah Parti Gerindra, PKB, PDIP, Golkar, NasDem, Parti Gelora, PKS, PKN, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Parti Ummat.

Sementara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, KPU Indonesia menetapkan nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Moh. Mahfud Md. [Antara]