831.934 Surat Suara DPD untuk Pemilu 2024 Tiba di KPU Bangkalan – Berita Jatim

by
831.934 Surat Suara DPD untuk Pemilu 2024 Tiba di KPU Bangkalan

Pahami.id – Sebanyak 831.934 surat suara DPD RI untuk pemilihan umum atau Pemilu 2024 telah tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, Jawa Timur.

Anggota KPU Bangkalan, Arif Bachtiar mengatakan, ratusan ribu surat suara yang masuk itu termasuk cadangan 2 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Surat suara DPD RI kami terima pada 12 Desember 2023. Totalnya 814.366 sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah cadangan 2 persen, jadi 831.934 surat suara, kata Arif Bachtiar, dikutip dari ANTARA, Sabtu (11 /12). 16/12/2023).

Arif mengungkapkan, surat suara yang diterima berasal dari mitra asal Klaten yakni PT Wacana Jaya Cemerlang.

Sementara surat suara pemilu presiden, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD daerah masih dalam proses pencetakan dan akan didistribusikan pada minggu depan.

“Surat suara DPR RI maupun DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dicetak oleh PT Prima Media Grafis di Kabupaten Gersik. Pendistribusiannya dijadwalkan pada 21 Desember untuk surat suara DPR RI, 30 Desember untuk surat suara DPRD kabupaten dan 6 Januari untuk Provinsi. surat suara,” kata Arief.

Sementara untuk surat suara Pilpres, KPU Bangkalan belum mendapat petunjuk teknis dari KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI terkait mitra pemenang tender tersebut.

Arief memastikan surat suara yang sampai di gudang induk logistik KPU Bangkalan masih ditutup karena KPU belum mendapat petunjuk teknis terkait pemisahan dan pelipatan.

“Sampai saat ini kami belum mendapat juknisnya, apakah proses penataan dan pelipatan surat suara dilakukan secara tender atau bagaimana, kami belum tahu, kami masih menunggu juknisnya,” ujarnya. dikatakan.

Pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bangkalan akan dilaksanakan di 3.082 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 273 desa dan delapan kelurahan se-Kabupaten Bangkalan. (DI ANTARA)