Berita Jokowi ke Tokyo, Hadiri KTT ASEAN-Jepang hingga KTT AZEC

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Tokyo pada Sabtu (16/12) pagi dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia akan berada di Negeri Sakura dalam beberapa hari ke depan untuk menghadiri KTT ASEAN-Jepang dan KTT AZEC.

“Hari ini saya bersama rombongan terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Tiga acara utama di Tokyo adalah pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida,” kata Jokowi dalam konferensi pers online sesaat sebelum keberangkatan.


Kemudian bersama PM Kishida, kami juga akan memimpin KTT ASEAN dan Jepang, serta menghadiri KTT AZEC (Asian Zero Emission Community), ujarnya.

Jokowi mengatakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan membahas berbagai hal, mulai dari kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis, hingga kerja sama maritim.

Nantinya, Jokowi dan Kishida juga akan memimpin perayaan 50 tahun KTT ASEAN-Jepang yang membahas penguatan kemitraan ASEAN dan Jepang.

Jokowi menilai Jepang sebagai mitra penting dan mitra strategis, tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga bagi ASEAN.

[Gambas:Video CNN]

Saya dan PM Kishida juga akan memimpin KTT perayaan 50 tahun ASEAN-Jepang yang mengangkat tema Peluang Emas, Persahabatan Emas, kata Jokowi.

“KTT ini akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan, termasuk melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan juga implementasi ASEAN Outlook di Indo-Pasifik,” ujarnya.

Agenda terakhir yang akan dihadiri Jokowi di Jepang adalah AZEC Summit. Acara ini merupakan KTT AZEC yang pertama setelah diluncurkan di luar KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.

“Sebagai inisiator bersama AZEC, Indonesia akan mengedepankan kerja sama inklusif untuk mewujudkan kawasan bebas emisi,” jelas Jokowi.

KTT ini akan dihadiri oleh Jepang sebagai co-initiator, Australia dan negara-negara anggota ASEAN.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga akan dibicarakan dengan Jepang dalam kunjungannya ke Tanah Air.

“Selalu dalam pertemuan bilateral dengan negara lain, IKN pasti dibahas. Dan saya akan mendorong agar ada satu atau dua proyek yang bisa dikerjasamakan oleh investor Jepang dan pemerintah Jepang,” ujarnya.

Jokowi dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 19 Desember.

(lom/chri)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);