14 Nama Berebut Tujuh Kursi Komisioner KPU Jatim, Cek Daftar Namanya Disini! – Berita Jatim

by
14 Nama Berebut Tujuh Kursi Komisioner KPU Jatim, Cek Daftar Namanya Disini!

Pahami.id – Ada 14 nama calon komisioner KPU alias KPU Jawa Timur periode 2024-2029 yang lolos tes kesehatan dan wawancara.

Puluhan calon komisioner KPU Jatim selanjutnya akan memperebutkan tujuh kursi melalui tahap fit and proper test yang digelar KPU RI.

“Kami hanya mengajukan 14 nama, kemudian KPU RI memilih tujuh nama,” kata Ketua Tim Seleksi Sasongko, Budi Susetyo, dikutip dari ANTARA, Senin (18/12/2023).

Sasongko mengungkapkan, tes tersebut masih menunggu jadwal dari KPU Indonesia, nantinya 14 nama calon komisioner KPU Jatim akan langsung diundang untuk mengikuti tahap ini.

Sasongko juga mengatakan, rangkaian seleksi sudah dimulai pada akhir Oktober 2023, jumlah pendaftar mencapai 129 orang.

Setelah melewati beberapa tahapan seperti tes tertulis dan psikotes. Hasilnya, 28 peserta dinyatakan lulus, kemudian puluhan peserta mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

Berdasarkan hasil penguji akhir, tim seleksi memutuskan 14 nama akan lolos tahap selanjutnya yakni mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di KPU Indonesia.

Kata dia, peserta seleksi komisioner KPU RI merupakan sosok yang berwibawa dan berpengalaman sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu).

Menentukan 14 nama terakhir yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan bukan perkara mudah.

“Kami juga cukup sulit memilih calon-calon hebat ini, sehingga terjadi perdebatan yang cukup besar,” ujarnya.

Sasongko berharap ketujuh orang yang nantinya dilantik KPU RI sebagai Komisioner baru KPU Jatim periode 2024-2029 bisa berkonsentrasi penuh dalam menjalankan tugas terkait pemilu.

Selain itu, pasca Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), Komisioner KPU Jatim periode sebelumnya akan memasuki masa pensiun, pada 20 Februari 2024.

Jadi begitu komisaris baru dilantik langsung melanjutkan yang sebelumnya, karena pemilihannya dimulai 14 Februari 2024 dan yang lama berakhir pada 20 Februari 2024, kata Sasongko.

Berikut daftar 14 nama bakal calon Komisioner KPU Jatim:

  1. Aang Kunafi
  2. Ahmad Arif
  3. Ahmad Udi Masjkur
  4. Paduan Suara Umam
  5. Dini Rochmawati
  6. Eka Wisnu Wardhana
  7. Habib M Rohan
  8. orang Qoriawan
  9. Lukman Hakim
  10. Mahrus Ali
  11. Miftahur Rozaq
  12. Nur Salim
  13. Purnomo Satriyo P
  14. Soeprayitno