Profil Bio Paulin, Eks Persipura Jayapura yang Jadi Caleg 2024 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mantan pemain Persipura Jayapura sekaligus pemain naturalisasi Indonesia, Bio Paulin, kini terdaftar sebagai calon legislatif atau caleg.

Ia menjadi pemain garis keturunan pertama yang mengikuti kontestasi politik pada pemilu 2024. Bio Paulin tercatat sebagai calon legislatif DPRD Kota Jayapura.

Namanya tercatat sebagai salah satu calon legislatif DPRD Kota Papua untuk daerah pemilihan (Dapil) 4 atau wilayah Abepura.

Bio Paulin memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2015. Bio Paulin menjadi warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi dan telah lama tinggal di Indonesia.

Pada pemilu 2024, Bio Paulin mengikuti jejak praktisi sepak bola lain yang terjun ke dunia politik setelah Yoyok Sukawi (PSIS) dan Seto Nurdiantoro.

Profil Bio Pauline

Bio Paulin lahir di Nanga Eboko, Kamerun, pada tanggal 15 April 1984. Ia memulai karir sepak bolanya di Kamerun pada awal tahun 2000-an bersama Achille FC.

Ia merantau ke Prancis pada tahun 2002 untuk membela RC Lens B, sebelum kembali ke Kamerun untuk membela Union Douala dan Achille FC lagi.

Bio Paulin kemudian merantau lagi pada tahun 2006. Kali ini ia memilih berangkat ke Indonesia membela Mitra Kukar FC. Namun baru enam bulan berada di sana, Bio pindah ke Persipura pada 2007.

Sejak bergabung dengan Tim Mutiara Hitam, Bio Paulin menjadi pilar penting kesuksesan Persipura di Liga Indonesia.

Bersama Persipura, Bio Paulin berhasil meraih tiga gelar juara Liga Indonesia pada musim 2008/09, 2010/11, dan 2013. Tak lama kemudian, Bio Paulin dinaturalisasi pada tahun 2015.

Ia juga melakukan debut untuk timnas Indonesia pada tahun 2015 melawan Myanmar dalam laga uji coba. Itulah satu-satunya pertandingan yang dimainkan Bio Paulin bersama Garuda.

Untuk karirnya di level klub, Bio Paulin bergabung dengan Sriwijaya FC di Liga 1 pada tahun 2017. Ia kemudian bermain di Liga 3 bersama PSGC Ciamis pada tahun 2019 sebelum memutuskan pensiun pada tahun 2020.

Kontributor: Aditia Rizki