Waspada Hidrometeorologi, Angin Kencang Robohkan Rumah di Ngawi – Berita Jatim

by
Waspada Hidrometeorologi, Angin Kencang Robohkan Rumah di Ngawi

Pahami.id – Angin kencang melanda Ngawi pada Jumat (3/11/2023). Sebuah rumah di Kampung Mangunharjo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi dilaporkan roboh.

Pemilik rumah terluka akibat tertimpa reruntuhan rumah. Warsiniati, adik pemilik rumah mengatakan, angin kencang terjadi pada sore hari.

Rumah saudara perempuannya sedang direnovasi. Surat dan Sukiyem pemilik rumah berniat mengganti tiang tersebut. Namun, sebelum perbaikan selesai, angin kencang tiba-tiba menerjang kawasan tersebut.

“Saat itu, langsung ambruk. Saat adik saya Pak Surat ada di dalam, dia tidak sempat menyelamatkan diri. Kemudian salah satu pembangun bersembunyi di pojok. “Adik saya mengalami luka di punggung, hidung, dan kaki,” ujarnya dikutip dari jaringan Beritajatim.com-Pahami.id.

Pengrajin yang bersembunyi tidak terluka. Hanya surat-surat yang memerlukan pemeliharaan.

BPBD Ngawi memperingatkan adanya bencana hidrometeorologi karena wilayah tersebut memasuki masa transisi. Angin kencang dan hujan lebat mudah terjadi.

Selain rumah ambruk, angin kencang juga merobohkan pepohonan di Kampung Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar Ngawi. Pohon itu menutupi jalan raya Ngawi-Solo.

“Hari ini angin kencang menyebabkan rumah semi permanen yang sedang dipugar milik warga Kampung Mangunharjo roboh. Kemudian ada pohon tumbang di dekat kawasan Tugu Suryo, tepatnya di Desa Bangunrejo Kidul Kedunggalar, kata Petugas BPBD Ngawi Joko Supriyono.

Ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terutama terhadap angin kencang dan hujan lebat.

Sementara pohon tumbang dan rumah roboh akibat angin kencang telah dievakuasi. Petugas dibantu warga membersihkan area sekitar lokasi.