Viral Gus Iqdam Dibentak Petugas Imigrasi Soetta Saat Mau Ceramah ke Taiwan, Begini Kronologinya – Berita Jatim

by
Viral Gus Iqdam Dibentak Petugas Imigrasi Soetta Saat Mau Ceramah ke Taiwan, Begini Kronologinya

Pahami.id – Video komentar Gus Iqdam soal Soekarno Hatta diteriaki petugas imigrasi viral di media sosial. Padahal saat itu Gus Iqdam sedang berangkat ke Taiwan untuk berceramah.

Meski akhirnya berhasil sampai ke Taiwan dan memberikan ceramah, Gus Iqdam masih ingat jelas kejadian tersebut. Dengan gaya bicaranya yang khas dan menghibur, Gus Iqdam mengungkap kejadian tersebut melalui kajian rutin pada Selasa sore di Persatuan Sabilu Taubah, Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Gus Iqdam tak marah, malah ribuan netizen langsung menyerbu akun Instagram milik Kantor Imigrasi Soekarno Hatta (@imigrasi.soekarnohatta). Sebagai informasi, Gus Iqdam memiliki channel YouTube yang memiliki ratusan ribu subscriber. Ia merupakan pendakwah muda Nahdlatul Ulama (NU) dan pendiri Majlis Ta’lim Sabilu Taubah.

Misionaris muda asal Blitar ini memiliki puluhan ribu umat yang mendengarkan khotbahnya setiap minggunya. Video Gus Iqdam dilecehkan petugas imigrasi kemudian viral di TikTok dan YouTube Shorts. Video tersebut berasal dari YouTube Gus Iqdam Official.

Pengkhotbah muda ini diundang untuk memberikan ceramah di Kota Taichung, Taiwan pada Minggu (19/09/2023) lalu. Gus Iqdam dan rombongan awalnya tidak mengalami kesulitan apa pun di Imigrasi Soekarno Hatta. Meski begitu, dia bertemu dengan salah satu petugas yang mengancamnya.

Pendakwah Gus Iqdam menjadi sorotan publik dan dakwahnya kerap viral di media sosial. [Instagram]

Sampai Jakarta, awalnya semuanya baik-baik saja. Semua orang bisa mengatasinya. Ya, ini lucu. Saya sudah tenang dan percaya diri. Saat itu sudah waktunya kami terbang ke Taiwan. Ayo pergi,kata Gus Iqdam.

Meski sangat yakin bisa keluar, namun rombongan mereka justru dicegat oleh salah satu petugas. Gus Iqdam sempat ditanyai tujuannya ke Taiwan. “Ya begitulah petugas, saya ingat namanya Afwan atau Aghwan kalau tidak salah. Sebelum kami merasa nyaman, semua dokumen dicap. Entahlah kalau kita sedang tidak yakin dengan penampilan kita, aku juga kurang paham, tiba-tiba ada petugas imigrasi Jakarta, dia bertanya ‘mau kemana?’ Apa yang kamu lakukan di Taiwan? Wow,” lanjut Gus Iqdam, dikutip dari kanal YouTube miliknya, Selasa (19/09/2023).

Gus Iqdam kemudian menjawab akan melakukan kunjungan kerja karena memegang visa kerja. Pengkhotbah muda itu mengatakan masalahnya semakin rumit ketika dia secara tidak sengaja “menumpahkan gambar itu” dan mengambil gambarnya karena seseorang bertanya ke mana dia akan pergi.

Petugas imigrasi kemudian mengambil ponsel Gus Iqdam. “Apa yang telah terjadi? Apa kabarmu!“ucap petugas imigrasi dengan nada kasar.”Ya, maaf, saya tidak melihatnya, saya melewatkannya,” jawab Gus Iqdam.Apa yang harus dilakukan! Daripada tidak pergi ke Taiwan,” ancam petugas itu.

Petugas berasumsi Gus Iqdam pernah ke Taiwan dan menanyakan alasannya kembali. Gus Iqdam sempat bingung karena baru pertama kali ke Taiwan.

Menurut Gus Iqdam, ia merasa tidak masalah jika tidak ke Taiwan karena bisa minum kopi di Surabaya. Namun, ia merasa kasihan kepada orang-orang yang mengundangnya karena sudah terlanjur membeli tiket. Masalah terselesaikan karena Gus Iqdam menghubungi ‘orang-orang penting’.

Orang tersebut menyelesaikan masalahnya sehingga petugas kemudian pergi. Netizen dan jemaah Gus Iqdam pun langsung mencari sosok petugas imigrasi bernama Aghwan. Akun Instagram Imigrasi Soekarno Hatta (@immigration.soekarnohatta) kini dipenuhi komentar netizen yang kesal dengan kejadian tersebut.