Trending Topic di Twitter, Siapa Sengkuni? Menyasar ke Salah Satu Capres? – Berita Jatim

by
Trending Topic di Twitter, Siapa Sengkuni? Menyasar ke Salah Satu Capres?

Pahami.id – Usai debat ketiga Pilpres 2024, hari ini Selasa (9/1) di halaman X (d/h Twitter) cuitan ‘Sengkuni’ menjadi trending. Dari penelusuran, cuitan Sengkuni ini berkaitan dengan Pilpres 2024.

Berdasarkan pantauan Pahami.id, hingga pukul 07:19 WIB, cuitan Sengkuni menjadi salah satu trending topik di Indonesia. Sejumlah akun X yang mentweet ucapan Sengkuni sebagian besar menyasar salah satu calon presiden pada Pilpres 2024.

Ada akun @prid**** yang mencuit “Sengkuni Asli” dengan menyematkan video pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat Pilpes 2024.

“Anies boleh ngomong jelek soal Sengkuni,” cuit akun lain @IrKu***

Masih banyak lagi cuitan Sengkuni yang menyasar pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan. Lalu siapa Sengkuni dan bagaimana sejarahnya?

Sengkuni atau Sangkuni merupakan tokoh antagonis dalam cerita Mahabharata. Sosok Sengkuni merupakan paman dari pihak ibu para Korawa.

Sengkuni merupakan adik perempuan Ratu Gandari, istri Destarata atau Raja Astina dan ibunda Duryudana.

Dikutip dari beberapa sumber, Sengkuni dianggap sebagai sosok licik yang selalu menghasut Korawa untuk berperang melawan Pandawa.

Bercerita tentang Sengkuni tidak lepas dari cerita wayang yang begitu populer di masyarakat Jawa.

Pertunjukan wayang kulit seringkali menceritakan berbagai kisah tentang kehidupan manusia, kepahlawanan, dan berbagai peristiwa sejarah penting.

Nah, sosok Sengkuni secara filosofis dianggap sebagai seorang ahli bela diri. Dengan kefasihannya, orang yang berbicara dengannya selalu tertipu oleh manisnya bibirnya.

Dalam cerita filmnya seperti dikutip dari Pahami.id, Sengkuni menggunakan segala cara untuk melenyapkan para Pandawa agar keponakannya bisa memimpin di Astina.

Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terjadinya perang saudara antara Pandawa dan Kurawa yang dikenal dengan istilah bharatayudha (bahasa Sansekerta adalah perang Bharata).

Konon Sengkuni mati di tangan Werkudara (Bima, putra kedua Pandawa) dalam Bharatayudha yang diciptakannya sendiri.