Berita Korban Tewas Gempa Jepang Tembus 200 Orang

by


Jakarta, Pahami.id

Jumlah kematian sebagai akibatnya gempa Jepang bertambah menjadi 202 orang pada Selasa (9/1), sedangkan jumlah korban luka tercatat 565 orang.

Dilaporkan AFPPemerintah di wilayah Ishikawa yang paling terkena dampak gempa menyebutkan jumlah orang yang masih dinyatakan hilang masih 102 orang.


Polisi dan tim penyelamat setempat masih melakukan operasi pencarian besar-besaran. Lebih dari 28 ribu orang masih berlindung di pusat evakuasi di Prefektur Ishikawa.

berita Kyodo Diberitakan di Pasar Wajima, sekitar 200 bangunan hancur akibat kebakaran yang terjadi saat gempa pada Senin (1/1). Kebakaran besar terjadi karena banyaknya bangunan kayu di pasar pagi berusia lebih dari 1.000 tahun yang populer di kalangan wisatawan itu.

Pasca gempa berkekuatan 7,5 SR pada Senin (1/1), sekitar 23 ribu rumah tangga di Ishikawa terdampak pemadaman listrik dan 66 ribu rumah tangga juga kesulitan mendapatkan air bersih.

Gangguan listrik dan pasokan air juga berdampak pada rumah sakit dan fasilitas perawatan lansia.

Minggu ini kabinet Perdana Menteri Fumio Kishida menyetujui alokasi 4,74 miliar yen (setara Rp500 miliar) dari dana cadangan anggaran tahun anggaran 2023, untuk mendukung korban gempa di Semenanjung Noto.

Pemerintah Jepang juga berencana menambah dana cadangan yang dialokasikan dalam rancangan anggaran sebesar 500 miliar yen untuk membiayai upaya pemulihan bencana.

(DNA/DNA)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);