Survei: Warga Jatim Nilai Sandiaga Uno Bisa Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo – Berita Jatim

by
Survei: Warga Jatim Nilai Sandiaga Uno Bisa Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Pahami.id – Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei jumlah calon presiden (Bacawapres) dari Ganjar Pranowo di Jawa Timur.

Sandiaga Salahuddin Uno disebut-sebut paling cocok mendampingi Ganjar Pranowo.

“Hasil survei SRS menempatkan Menparekraf sebagai calon wakil presiden yang paling ideal dan paling tepat mendampingi Ganjar di Pilpres 2024,” ujar Direktur SRS Edwin Abdul dalam paparannya, Selasa (15/8/2019). 2018). 2023).

Politisi PPP itu mendapat elektabilitas 19,2 persen di Jawa Timur. Disusul Ridwan Kamil 15,4 persen, Erick Thohir 11,5 persen, Susi Pujiastuti 10,8 persen, Yenny Wahid 8,9 persen, Andika Perkasa 6,7 ​​persen, Puan Maharani 4,2 persen, Basuki Hadi 3,9 persen.

Sementara 16,6 persen responden belum memutuskan memilih siapa.

“Satu-satunya partai parlemen di luar PDIP yang mendukung Ganjar adalah PPP yang resmi bergabung dengan PDIP. Bahkan PPP menawarkan Sandiaga sebagai cawapres. Otomatis Sandiaga berpeluang besar menjadi wakil presiden Ganjar,” jelasnya.

Edwin menjelaskan, keikutsertaan Sandiaga di PPP juga memperkuat identitasnya sebagai wakil agama.

Sejauh ini, duet nasionalis-religius diterima dengan baik oleh masyarakat. Terutama Jawa Timur yang didominasi oleh orang Nahdliyin.

Survei SRS dilakukan pada 2-11 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Jumlah responden adalah 1.000 orang.

Metode pengambilan sampel dilakukan dengan multi level random sampling dengan margin of error 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dipilih terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan kontrol kualitas acak sebesar 20 persen. SRS adalah anggota ASOPI.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia