Sudah Diendorse Habis-habisan Oleh Raffi Ahmad, Suara Jeje Govinda Masih Kalah Jauh dari Artis Lain di Pileg DPR RI – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Staf Govinda, Richie Ismail atau Jeje merupakan salah satu artis yang turut meramaikan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI. Ia maju di Partai Amanat Nasional (PAN) dan ditempatkan di Daerah Pemilihan (Dapil) II Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Jeje Govinda diyakini ikut meramaikan pemilu legislatif DPR RI berkat perannya Rafi Ahmad. Dia menolak nama Jeje dan adiknya, Nisya Ahmad kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Raffi kenalkan saya dan Pak Zul, kata Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio usai memperkenalkan Nisya Ahmad dan Jeje sebagai calon legislatif pada Agustus 2023.

Ritchie Ismail atau Jeje Govinda dan Nisya Ahmad di Kantor DPP PAN, Buncit Raya, Jakarta, Senin (7/8/2023). [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Jeje memutuskan terjun ke dunia politik karena teringat akan cita-cita mendiang ayahnya yang ingin menjadi politisi. Hingga akhir hayatnya, ayah Jeje gagal mewujudkan mimpinya.

“Almarhum ayah saya pernah ingin terjun ke dunia politik, tetapi tidak berhasil. Insya Allah aku ingin melanjutkan mimpi ayahku, jelas Jeje.

Tak sekadar aji jago, Jeje sudah menyiapkan target yang ingin diraihnya jika lolos ke Senayan. Berlatar belakang sebagai musisi, Jeje ingin memperjuangkan persoalan royalti yang masih menjadi polemik di kalangan pelaku industri musik Tanah Air.

“Saya seorang musisi, jadi saya ingin mewakili musisi agar haknya bisa diperoleh. “Sekarang urusan royalti sedang ramai sekali,” jelas Jeje.

Keinginan Jeje untuk memperjuangkan hak pencipta lagu juga didukung kuat oleh Raffi Ahmad. Presenter tersebut beberapa kali mendatangi majelis negara bagian Jeje untuk mempromosikan saudara iparnya.

Ritchie Ismail atau Jeje Govinda dan Nisya Ahmad di Kantor DPP PAN, Buncit Raya, Jakarta, Senin (7/8/2023). [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]
Ritchie Ismail atau Jeje Govinda dan Nisya Ahmad di Kantor DPP PAN, Buncit Raya, Jakarta, Senin (7/8/2023). [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Raffi Ahmad pun meminta dukungan untuk Jeje, Nisya Ahmad dan suaminya menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari. Ia menyebut suami Syahnaz Sadiqah sebagai salah satu calon legislatif yang akan dipercaya menjabat di parlemen.

“Bismillah, doakan keberkahan Jeje. Insya Allah kalau tanggal 14 Februari yang dipilih, kita bisa percaya dan selalu membumi, kata Raffi Ahmad dalam postingan Instagramnya pada 13 Februari 2024.

Sayangnya, dukungan penuh Raffi Ahmad terhadap Jeje belum membuahkan hasil maksimal. Seperti dilansir data resmi penghitungan suara Pemilu 2024 di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (23/2/2024), Jeje hanya mengumpulkan 18.060 suara.

Berdasarkan perhitungan kasar, hasil suara Jeje memang menempati urutan kedua daftar calon legislatif PAN di daerah pemilihan. Namun, raihan Jeje tertinggal jauh dari calon petahana PAN, Ahmad Najib Qodratullah yang menduduki puncak daftar dengan total 35.105 suara atau hampir dua kali lipat dari dirinya.

Perolehan suara Jeje masih kalah dibandingkan artis partai lain yang tergabung dalam dapil. Salah satunya Denny Cagur yang bersama PDIP berhasil mengumpulkan dukungan hingga 22.541 suara.

Jeje pun kalah telak dari artis yang punya pengalaman di dunia politik. Misalnya saja Dede Yusuf yang bersama Partai Demokrat berhasil mengumpulkan 69.587 suara di daerah pemilihan tersebut.