Siapa Paslon yang Menangkan Hati Generasi X dan Gen Z Jelang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Unggul Telak? – Berita Jatim

by
Siapa Paslon yang Menangkan Hati Generasi X dan Gen Z Jelang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Unggul Telak?

Pahami.id – Calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Gibran, dari hasil survei Indikator yang dirilis hari ini, Selasa (26/12), berhasil merebut hati pemilih di segala lapisan umur, mulai dari generasi X hingga generasi z.

Survei Indikator mengungkapkan, pemilih pada rentang usia 21 hingga 55 tahun lebih memilih calon Prabowo Gibran. Pada kelompok usia 21 tahun, Prabowo Gibran memperoleh persentase suara sebesar 44,8 persen.

Sedangkan pada kelompok usia 22 hingga 25 tahun, pasangan ini memperoleh persentase suara sebesar 65,9 persen. Kelompok berusia 26 hingga 40 tahun memperoleh 50,7 persen suara.

Angka yang diraih Prabowo Gibran juga lebih tinggi dibandingkan dua calon lainnya pada kelompok usia 41 hingga 55 tahun yakni sebesar 43,9 persen.

Prabowo Gibran hanya kalah dari Anies-Muhaimin (AMIN) di kelompok usia 55 tahun ke atas. Pada kelompok umur ini, AMIN dari survei Indikator mendapat 28,0 persen, Prabowo Gibran hanya 29,7 persen, dan pasangan Ganjar Mahfud mendapat 29,2 persen.

Dari simulasi 3 pasang capres dan cawapres Pilpres 2024, survei Indicator juga mengungkap bahwa Prabowo Gibran juga mendapat suara unggul dari masyarakat Madurai (92,5%), Sunda (56,5%) dan Betawi (46,7%). ). latar belakang.

Koresponden yang berlatar belakang pendidikan perguruan tinggi hasil survei Indikator juga memprioritaskan pasangan nomor urut 2 yaitu sebesar 45,8 persen, AMIN mendapat 29,4 persen, dan Ganjar Mafhud hanya mendapat 17,7 persen.

Suara Prabowo Gibran di Jawa Timur

Prabowo-Gibran unggul mutlak di wilayah Jawa Timur (Jatim) berdasarkan hasil survei Indikator, Selasa (26/12). Dari hasil lembaga survei Indikator, pasangan nomor urut 2 memperoleh persentase sebesar 47,1 persen.

Jumlah pasangan Prabowo-Gibran terbilang mutlak dibandingkan dua calon lainnya, Anies-Muhaimin (AMIN) dan Ganjar-Mahfud. Untuk pasangan AMIN, survei Indikator hanya mencatat 16,0 persen.

Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh suara 29,5 persen. Hasil survei indikator menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul di seluruh daerah, kecuali Jawa Tengah dan DIY.

Hasil survei indikator juga menunjukkan bahwa jurnalis berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU) juga lebih condong ke pasangan Prabowo-Gibran.

Prabowo-Gibran memperoleh persentase suara 53,5 persen dari jurnalis berlatar belakang NU. Sedangkan pasangan AMIN hanya mendapat 16,7 persen.

Pasangan Ganjar-Mahfud hanya mendapat 25,1 persen. Populasi sasaran survei ini adalah warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/ponsel, yaitu sekitar 83% dari total penduduk negara.

Sampel berjumlah 1217 responden yang dipilih melalui kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) (265 responden) dan Double Sampling (DS) (952 responden).

RDD adalah proses menghasilkan nomor telepon secara acak, sedangkan DS adalah pengambilan sampel secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Margin kesalahan survei ini diperkirakan ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi pengambilan sampel acak sederhana.