Siap Distribusikan Logistik Pemilu 2024, KPU Jatim Fokus ke Daerah Kabupaten Sumenep, Ini Alasannya – Berita Jatim

by
Siap Distribusikan Logistik Pemilu 2024, KPU Jatim Fokus ke Daerah Kabupaten Sumenep, Ini Alasannya

Pahami.id – KPU Provinsi Jawa Timur mengaku siap mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke beberapa daerah di Jatim.

Namun KPU Jatim menjadi titik fokus pendistribusian logistik pemilu hingga Kabupaten Sumenep (Madura).

“Pendistribusian logistik pemilu kami prioritaskan, khususnya di wilayah kepulauan Kabupaten Sumenep (Madura) yang memiliki 116 pulau,” kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam dikutip Antara.

Dijelaskannya, KPU Jatim telah menerima logistik pemilu 2024 berupa kotak suara, bilik suara, tinta pemungutan suara, stempel, dan perlengkapan pemungutan suara.

Sedangkan surat suara yang sudah dicetak dan diterima KPU Jatim adalah untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Semuanya sudah kami terima dan kini disimpan di setiap gudang logistik kabupaten/kota di Jatim,” kata Anam.

Sedangkan surat suara DPRD provinsi dan DPR RI masih dalam proses pencetakan dan ditargetkan sudah diterima KPU Jatim pada pertengahan Januari 2024.

Anam menargetkan surat suara DPRD dan DPR RI sudah diserahkan ke gudang logistik KPU kabupaten/kota Jawa Timur pada pertengahan Januari 2024.

“Karena surat suara ini masih perlu disortir dan dilipat, sehingga kita punya cukup waktu sebelum didistribusikan,” ujarnya.

Menurut dia, pendistribusian logistik biasanya dilakukan menjelang hari pemilu 2024.

Namun untuk pendistribusian ke pulau-pulau biasanya kami memberikan waktu yang lebih lama karena kami juga memperhitungkan kejadian cuaca buruk saat pengiriman ke pulau-pulau tersebut, ujarnya.

Anam menegaskan, pendistribusian logistik pemilu ke pulau-pulau tersebut memerlukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Komando Armada Kedua dengan pengiriman melalui jalur laut.

Pulau-pulau yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep jaraknya cukup jauh, bahkan untuk beberapa pulau belum ada jadwal pasti kapalnya sehingga kami bekerjasama dengan Koarmada II untuk pelayaran melalui jalur laut, ujarnya.