Sempat Tinggal di Belanda, Nova Eliza Keluhkan Kesulitan Bahasa dan Perbedaan Budaya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Artis Nova Eliza diketahui sempat tinggal selama beberapa waktu di Belanda. Ia, suami dan anak-anaknya, memutuskan pindah ke Negeri Kincir Angin beberapa tahun lalu saat pandemi lalu.

Namun setelah pandemi berakhir, Nova Eliza dan keluarganya memutuskan untuk pulang kampung dan menetap di Jakarta.

Potret Nova Eliza. (Instagram/waktu baru)

Iya, saya tinggal di Belanda. Iya (sekarang tinggal di Jakarta), kata Nova Eliza saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Aktor asal Banda Aceh ini mengaku alasannya kembali ke Indonesia demi putrinya, Naima Malinka. Menurut Nova, Naima merupakan sosok yang mendalami budaya Indonesia.

“Kemarin karena wabah, sekarang sudah tidak ada lagi wabah dan anak saya sangat Indonesia, jadi kami memutuskan untuk kembali ke Indonesia,” kata Nova Eliza.

Nova Eliza saat ditemukan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. [Pahami.id/Tiara Rosana]
Nova Eliza saat ditemukan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. [Pahami.id/Tiara Rosana]

Tinggal di Belanda sepertinya bukan hal yang mudah bagi Nova Eliza dan keluarganya. Pasalnya, selama berada di sana Nova mengalami banyak kesulitan, antara lain perbedaan cuaca, bahasa, dan budaya.

Selain karena cuaca yang ekstrem, orang Belanda lebih cenderung menggunakan bahasa lokal dibandingkan bahasa Inggris. Hal ini menyebabkan sulitnya berkomunikasi dengan orang lain.

“Cuacanya, di sana dingin dan di sini panas, bagus sekali,”

“Mungkin bahasanya sama ya, dan budayanya juga jauh berbeda. Di sana bahasanya benar-benar Belanda, di mana-mana pakai bahasa Belanda, ya ada bahasa Inggris tapi mereka lebih nyaman dengan bahasa Belanda,” tutupnya.