Sayang Anak! Biaya Sekolah Mode Didit Anak Prabowo di Prancis Setara Puluhan Motor Matic – Berita Jatim

by
Sayang Anak! Biaya Sekolah Mode Didit Anak Prabowo di Prancis Setara Puluhan Motor Matic

Pahami.id – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto memiliki anak tunggal, Ragowo Hediprasetyo. Didit sapaan akrabnya lahir pada 22 Maret 1984 di Jakarta dari pasangan Prabowo Subianto dan Siti Hediati Hariyadi atau lebih dikenal dengan nama Titiek Soeharto.

Meski lahir di Indonesia, Didit menghabiskan masa kecil dan remajanya di Boston, Amerika Serikat. Ia kemudian memilih tinggal di kota Mode, Paris, Prancis. Dia melakukan ini untuk mengejar mimpinya menjadi perancang busana.

Didit pun tak main-main mengejar cita-citanya menjadi perancang busana. Ia diketahui pernah belajar fashion di dua sekolah mode terbaik di dunia. Didit belajar 4 tahun di Parsons School of Design, New York dan Ecole Parsons, Paris.

Sekadar informasi, Ecole Parsons merupakan sekolah mode yang telah berdiri sejak tahun 1921. Sekolah ini didirikan oleh Frank Alvah Parsons. Pada awalnya, Parsons mendirikan sekolah mode yang diberi nama New York School of Fine and Applied Art.

Pada awal berdirinya, sekolah ini menyediakan kursus seni dekoratif, arsitektur, pemandangan dan desain kostum. Pada tahun 1930, salah satu siswa sekolah mode ini, Jean-Michel Frank menciptakan Parsons Table, yang menjadi ikon mode populer hingga saat ini.

Sekolah mode ini tidak bisa dianggap remeh, pada tahun 1970 bergabung dengan The New School, sebuah universitas yang didirikan pada tahun 1919 oleh para sarjana terkemuka.

Mengutip dari situs resmi sekolah, untuk bisa bersekolah di sini tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Para orang tua harus merogoh kocek dalam-dalam agar anaknya bisa belajar di sini.

Ecole Parsons dalam situs resminya menyatakan akan membantu setiap siswa yang ingin belajar agar biayanya dapat direncanakan dengan baik.

Menariknya, sekolah ini juga memberikan beasiswa. Pada tahun ajaran 2022/23, lebih dari 85 siswa menerima bantuan dengan nilai total US$151 juta.

Untuk normalnya setiap semester di sekolah ini siswa harus membayar sebesar 18.997 dollar Amerika atau jika dikonversikan ke rupiah sebesar Rp 292.942.737. Nilai setiap semester sekolah ini setara dengan 14 unit sepeda motor matic yang masing-masing berharga Rp 20 juta.

Kembali ke sekolah Didit, anak Prabowo, pihak sekolah di situs resminya menjelaskan secara detail untuk apa saja biaya yang dialokasikan. Mulai dari biaya layanan universitas per semester sebesar 650 dolar AS, biaya senat mahasiswa sebesar 8 dolar, biaya orientasi sebesar 160 dolar yang dibayarkan satu kali.

Menurut pihak kampus, mahasiswa juga harus mengeluarkan biaya lain seperti transportasi, buku dan perlengkapan lainnya. Selain itu, “Ada biaya makanan di luar paket makan universitas,” tulis Ecole Parsons.

Dengan biaya yang relatif mahal tersebut, Didit kemudian membuktikan ilmu fashion yang diperolehnya. Putra Prabowo Subianto ini meraih penghargaan Silver Thimble tahun 2006 atas karya fesyennya saat masih berstatus pelajar, dan lulus pada tahun 2007.

Saat ini, karyanya rutin ditampilkan di panggung Paris Fashion Week. Didit tercatat sebagai salah satu perancang busana di Kalender Resmi Paris Fashion Week yang konsisten tampil di acara ini.

Tak hanya itu, Didit juga tercatat sebagai salah satu desainer interior mobil BMW Individual Series 7. Desainnya antara lain digunakan oleh penyanyi asal Kanada, Carly Rae Jepsen, saat menghadiri MTV Video Music Awards 2013.