Berita Kota di UEA Larang Kembang Api Tahun Baru Demi Gaza, Saudi Bagaimana?

by


Jakarta, Pahami.id

Sebuah kota di Uni Emirat Arab (UEA) melarang kembang api Tahun Baru untuk menghormati masyarakat Gaza, Palestinayang mengalami agresi Israel.

Dalam postingan Facebook pada Selasa (26/12), Kepolisian Kota Sharjah menyatakan akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang melanggar larangan tersebut.


“[Ini adalah] ekspresi tulus solidaritas dan kerja sama kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Jalur Gaza,” tulis polisi Kota Sharjah dalam siaran tersebut, seperti dikutip Reuters.

Sharjah adalah kota terbesar ketiga di UEA setelah Dubai dan Abu Dhabi berdasarkan ukuran dan populasi. Ada total tujuh kota atau emirat di Uni Emirat Arab.

UEA sendiri merupakan negara Arab yang kembali menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada tahun 2020 berdasarkan Abraham Accords.

[Gambas:Video CNN]

Namun, keputusan Sharjah yang melarang pertunjukan kembang api pada Malam Tahun Baru hanya berlaku di kota tersebut. Pasalnya, perayaan umum masih dipromosikan di kota-kota UEA lainnya.

Kembang api Malam Tahun Baru biasanya diadakan di Dubai, emirat terpadat di negara tersebut dan pusat pariwisata di kawasan itu.

Sementara itu, berbeda dengan kota Sharjah di UEA, kota-kota di Arab Saudi tetap merayakan malam tahun baru dengan pesta kembang api.

Lampu kemeriahan akan menghiasi langit ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Laporan dari Bazar Harper, beberapa lokasi di Riyadh akan menjadi pusat menyaksikan pertunjukan kembang api malam tahun baru. Ini termasuk pusat kerajaan, Menara Al Faisaliah, Boulevard Kota Riyadh dan Menara Al Majdoul.

Namun ada dua kota yang tidak akan pernah disinari kembang api di Arab Saudi, yaitu Mekkah dan Madinah. Kedua kota suci umat Islam ini melarang segala bentuk perayaan yang tidak sesuai syariat Islam.

(blq/baca)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);