Sambut Hari Tani Nasional 2023, Tokopedia Tingkatkan Kesejahteraan UMKM dan Petani Tanah Air – Berita Jatim

by
Sambut Hari Tani Nasional 2023, Tokopedia Tingkatkan Kesejahteraan UMKM dan Petani Tanah Air

Pahami.id – Sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam ketahanan pangan, penyerapan tenaga kerja dan perekonomian Indonesia.

Mengutip Kementerian Pertanian RI, sektor pertanian pada tahun 2020 dalam kondisi pandemi Covid-19 masih mampu mempertahankan pertumbuhan positif, laju pertumbuhan PDB sektor pertanian secara umum meningkat sebesar 1,77% dan pada tahun 2021 sebesar 1,84%.

“Sektor pertanian merupakan pilar penting dalam pemulihan perekonomian negara pasca pandemi. “Kerja sama semua pihak sangat penting untuk lebih mengoptimalkan peran petani dan mendorong kemajuan industri pertanian dalam negeri,” kata Head of Category Development Tokopedia Utama, Revie Jefta Akhwilla.

“Memperingati Hari Tani Nasional pada tanggal 24 September 2023, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk menyediakan platform bagi lebih dari 14 juta penjual – hampir 100% di antaranya adalah UKM; termasuk yang menjual produk pertanian – untuk memajukan bisnis sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan petani,” tambah Revie.

“Hyperlocal bertujuan untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada menggunakan teknologi geo-tagging. Salah satu wujud Hyperlocal adalah layanan pemenuhan pesanan yang disediakan oleh Tokopedia. Penjual di seluruh wilayah Indonesia, termasuk yang bergerak di sektor pertanian, dapat menyimpan produknya di gudang pintar Tokopedia di wilayah yang permintaannya tinggi sehingga tidak perlu pindah ke kota besar. “Di sisi lain, masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat mengakses lebih banyak pilihan produk yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan efisien dengan pengiriman gratis,” kata Revie.

“Contoh lain dari wujud Hyperlocal adalah Tokopedia NYAM!, sebuah kampanye yang memuat produk makanan dan minuman dari para pelaku usaha di Indonesia khususnya UKM. Rayakan Hari Tani Nasional, Tokopedia NYAM! “Mengadakan Tokopedia Coffee Week untuk memberikan lebih banyak panggung bagi para penggiat usaha kopi yang juga memberdayakan petani lokal,” kata Revie.

Penjualan produk petani lokal meningkat berkali-kali lipat di Tokopedia

Berkat Hyperlocal Tokopedia, tren belanja online produk-produk hasil petani lokal semakin meningkat. “Di Tokopedia, selama triwulan III tahun 2023, penjualan produk tanaman baik tanaman hias, bibit tanaman dan sejenisnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan triwulan III tahun 2022,” kata Revie. (Sumber: Tokopedia, data 1 Juli-12 September 2023 dibandingkan 1 Juli-12 September 2022)

Berbagai jenis buah-buahan hasil petani juga banyak dijual di Tokopedia. “Penjualan mangga wangi – salah satu buah mangga populer asal Probolinggo, Jawa Timur – meningkat hampir 3,5 kali lipat pada kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022,” kata Revie.

Sementara itu, jumlah transaksi buah salak Pondoh yang kaya serat, karbohidrat, zat besi, vitamin A dan C meningkat hampir 4 kali lipat. Sebaliknya pisang Cavendish atau pisang Ambon putih mengalami peningkatan transaksi sebanyak 13 kali lipat, kata Revie.

Berbagai jenis sayuran pun mengalami peningkatan transaksi yang cukup signifikan. “Misalnya penjualan semangka meningkat hampir 4 kali lipat pada triwulan III tahun 2023 dibandingkan triwulan III tahun 2022. Transaksi ubi jalar ungu meningkat hampir 7 kali lipat. Sementara penjualan iceberg lettuce yang kaya vitamin A dan C melonjak hampir 7,5 kali lipat, kata Revie.

“Berbagai komoditas hasil petani lokal seperti biji kopi dan madu juga banyak diminati masyarakat melalui Tokopedia. Hal ini terlihat dari penjualan biji kopi Indonesia yang meningkat lebih dari 2 kali lipat selama triwulan III tahun 2023 dibandingkan triwulan III tahun 2022. Sedangkan jumlah transaksi madu dari Kalimantan meningkat lebih dari 4,5 kali lipat, tambah Revie. . .

Selain tren belanja online masyarakat terhadap produk-produk terkait sektor pertanian, Tokopedia juga berbagi kisah inspiratif pengusaha Baja Dinosaur dan Coffee Roaster Sakha yang memperjuangkan kesejahteraan petani Indonesia dengan berjualan online di Tokopedia.

Pupuk Dinosaurus meningkatkan kesejahteraan ratusan petani melalui pupuk organik

Berawal dari kepedulian terhadap para petani di Nusa Tenggara Timur (NTT), Freddy Wijaya mendirikan bisnis Pupuk Dinosaurus pada tahun 2017. Mereka memproduksi pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas tanah sehingga pendapatan petani pun meningkat.

Freddy menyadari sektor pertanian di Indonesia menghadapi banyak tantangan. “Salah satunya adalah mengubah pola pikir dan budaya petani Indonesia untuk kembali bertani lebih sehat atau menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. Pertanian yang sehat dapat membuat tanah menjadi lebih subur. “Hasil dan pendapatan petani bisa meningkat,” kata Freddy.

Pupuk Dinosaurus terus berupaya memberdayakan petani melalui pelatihan dan pendampingan. “Kami menggelar demo agar petani melihat dan mempraktekkan bagaimana pemanfaatan teknologi tanam hingga pemupukan sehingga produktivitas lahan meningkat,” jelas Freddy. Melalui usahanya tersebut, Freddy berhasil memberdayakan ratusan petani dari berbagai daerah di Indonesia.

Pupuk Dinosaurus juga memanfaatkan Disajikan oleh Tokopedia agar produknya mudah dijangkau oleh petani di seluruh wilayah Indonesia. “Penjualan Pupuk Dinosaurus di Tokopedia terus melonjak. Bahkan berkat disuguhkan Tokopedia, produk Pupuk Dinosaurus bisa menjangkau masyarakat termasuk para petani dari Aceh hingga Kupang, kata Freddy.

Sakha Coffee Roastery bekerjasama dengan petani kopi lokal dan meraih omzet ratusan juta

Memanggang Kopi Sakha. (Dok: Tokopedia)

Sakha Coffee Roastery dibangun oleh Teuku Andi pada tahun 2017 untuk mewujudkan keinginannya mendirikan roastery sendiri sekaligus memberdayakan sejumlah petani kopi di Indonesia, mulai dari Aceh, Jambi, Palembang, Bandung, Temanggung, Bali hingga Flores.

Saat wabah melanda pada awal tahun 2020, Sakha Coffee Roastery memutuskan untuk menjual produk biji kopinya secara online di Tokopedia agar dapat terus membantu para petani kopi Indonesia untuk tetap mempertahankan pekerjaan mereka. Sakha Coffee Roastery juga mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia NYAM!, agar kopi Indonesia tetap dapat diakses oleh masyarakat.

“Saat ini penjualan Sakha Coffee Roastery mayoritas berasal dari Tokopedia. Transaksi Kedai Kopi Sakha di Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2023 dibandingkan kuartal pertama tahun 2022 dan pendapatan kita bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya melalui Tokopedia. Sakha Coffee Roastery bahkan berhasil meraih nominasi ‘Kopi Bubuk Terbaik’ di ajang NYAM Terbukti! 2023,” kata Teuku.

Sakha Coffee Roastery juga berpartisipasi dalam kampanye Tokopedia Coffee Week. Ada berbagai promo menarik yang bisa membuat belanja kopi lebih hemat, salah satunya flash sale mulai dari Rp 10.000 dengan diskon hingga 50%.