Rieka Roslan Larang The Groove Nyanyikan Lagu Ciptaannya: Harga Diri Saya Terinjak – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Rieka Roslan melarang The Groove menyanyikan lagu-lagunya. Pasalnya, musisi berusia 53 tahun itu tak lagi diperbolehkan berada di panggung yang sama dengan band sebelumnya.

Rieka Roslan resmi melayangkan surat larangan kepada The Groove sejak Desember 2022. Namun, pelantun Imagination ini baru dirilis ke publik pada 19 April 2023.

“Ini adalah konsekuensi logis ketika The Groove tidak bisa lagi berada di panggung yang sama dengan saya. Sebagai pendiri dan penulis lagu. Saya juga melarang band saya membawakan lagu saya,” kata Rieka Roslan dalam video yang tersedia di akun TikToknya, @/trusno_one, Sabtu (22/4/2023).

Kekecewaan Rieka Roslan bukan hanya tidak diperbolehkan naik panggung. Namun juga surat yang diterima dari Event Organizer (EO) menyatakan bahwa keputusan untuk tidak lagi satu panggung dengan The Groove datang dari mantan band tersebut.

“Jelas, saya menginjak harga diri saya. Jadi saya larang lagu saya dibawakan oleh The Groove,” kata Rieka Roslan.

Awal masalah

The Groove menggelar konferensi pers konser di malam tahun baru di Century Hotel, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017). [suara.com/Ismail]

Melalui laman Instagramnya, Rieka Roslan menjelaskan awal mula permasalahan The Groove. Musisi kelahiran Sukabumi ini sempat bermasalah dengan manajemen dan akhirnya mendapat keputusan pada Maret 2022.

“Saya memberikan opsi kepada teman-teman, manajer yang sekarang menjadi agensi. Kemudian manajemen ada di tangan kita sendiri dengan Mas Reza sebagai pimpinan agar kita bisa membenahi semuanya,” tulis Rieka Roslan.

Namun The Groove tetap memilih manajemen yang ada. Rieka Roeslan kemudian diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak manajemen.

Rieka Roeslan eks The Groove [Instagram/@rieka.roeslan]
Rieka Roslan eks The Groove [Instagram/@rieka.roeslan]

Rieka Roslan menempuh mediasi, baik dengan The Groove, manajemen hingga WAMI, badan kolektif yang mengelola royalti dan hak pakai.

“Karena tidak menemukan titik temu, keputusannya tetap di panggung yang sama tapi dengan manajemen berbeda,” jelas Rieka Roslan.

Setelah keputusan itu, ada lima acara yang dilakukan. Meskipun manajemen yang berbeda, semuanya berjalan lancar.

Namun, pada November 2022, terjadi sesuatu yang membuat Rieka Roslan tersinggung. “Ada pernyataan dari manajemen kepada EO, yang menyatakan bahwa The Groove tidak bisa lagi satu panggung dengan saya,” kata mantan penyanyi itu.

Rieka Roeslan eks The Groove [Instagram/@rieka.roeslan]
Rieka Roslan eks The Groove [Instagram/@rieka.roeslan]

Rieka menambahkan, “Pernyataan ini dibuat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bagi saya, ini sangat tidak profesional.”

Karena itulah Rieka Roslan melayangkan surat resmi kepada WAMI dan The Groove yang menyatakan bahwa grup tersebut tidak lagi diperbolehkan menggunakan lagu ciptaannya.