Puluhan Kiai dan Gus se-Jatim Dukung Prabowo-Gibran, Alasan di Baliknya Diungkap Sosok Ini – Berita Jatim

by
Puluhan Kiai dan Gus se-Jatim Dukung Prabowo-Gibran, Alasan di Baliknya Diungkap Sosok Ini

Pahami.id – Sebanyak 50 Kiai dan Gus se-Jawa Timur (Jabar) menggelar pertemuan dengan Habib Luthfi bin Yahya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). Mereka menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Silaturahmi tersebut digelar bersamaan dengan kegiatan Nderek Dawuh yang dipimpin oleh kiai muda dan didukung relawan Prabowo-Gibran dari Brigade Maju Indonesia (IM) dan Rumah Keluarga Bersama (RKB).

Ketua Umum RKB Wigit Bagoes Prabowo mengatakan, 50 Kyai dan Gus se-Jatim menyatakan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

“Ada pertemuan antara Habib Luthfi bin Yahya dengan ulama muda di Jawa Timur. Dan ulama muda ini sepakat mendukung Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024,” kata Wigit seperti dikutip ANTARA.

Wigit mengungkapkan, puluhan Kyai dan Gus se-Jatim merupakan pimpinan dan tokoh ulama dari sejumlah pesantren di Jatim.

Sebanyak 50 Kiai dan Gus se-Jawa Timur (Jatim) berkumpul bersama Habib Luthfi bin Yahya di Sidoarjo, Jawa Timur. [ANTARA/HO-Tim RKB]

“Jadi para kyai dan ulama muda ini berasal dari beberapa pesantren yang cukup berpengaruh di Jawa Timur,” kata Wigit.

Wagit juga mengatakan, Kiai dan Gus yang hadir menilai Prabowo-Gibran adalah sosok yang tulus mendukung dakwah Islam.

“Kiai dan Gus menilai Prabowo dan Gibran adalah pendukung dakwah Islam dan NU yang paling tulus. Ini bukti, sebelum kampanye, mereka (Prabowo-Gibran) selalu membantu dan mendukung ulama dan dai Islam,” ujarnya.

Selain 50 Kyai dan Gus se-Jatim, turut hadir dalam pertemuan tersebut Fauzi Baadilla, Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Golf Prabowo Gibran.

Acara Majelis Nderek Dawuh sendiri mengambil tema “Menangkap Takdir, Memperkuat Peradaban Indonesia Maju”.

Habib Luthfi atau bernama lengkap Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bib Ali bin Yahya adalah seorang ulama besar asal Pekalongan, Jawa Tengah.

Tak hanya dakwah Islam, Habib Luthfi juga aktif berorganisasi, ia aktif di organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU), Habib Lutfhi pernah bekerja di Mustasyar NU. Di tingkat internasional, Habib Luthfi juga merupakan Ketua Dewan Sufi Dunia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023 menetapkan tiga calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pemungutan suara dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 Selasa 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor seri 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Beberapa Kiai dan Gus yang hadir dalam acara ini antara lain Gus Reza Ahmad Zahid dari Pondok Pesantren Almahrusiyah Lirboyo, KH Adibussoleh dari Pondok Pesantren Lirboyo, Zahrul Azhar (Gus Hans) dari Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Kemudian, KH iffatul Lathoif Zainudin dan Gus Kautsar dari Pondok Pesantren Alfalah Ploso, Gusjauharuddi dari Pondok Pesantren AlGhozaly Tambak Beras, Lora Hasyim dari Pondok Pesantren Nurul Kholil Bangkalan Madura, dan puluhan ulama lainnya.