Berita AS Setujui Penjualan Senjata Darurat ke Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat (AS) menyetujui penjualan amunisi berdaya ledak tinggi dan peralatan perang kepada Israel pada Jumat (29/12). Total penjualannya tercatat sebesar US$147,5 juta atau sekitar Rp2.242 triliun.

Penjualan tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan darurat dan tidak melewati tinjauan Kongres. Persyaratan yang sama digunakan pada awal Desember untuk menyetujui penjualan hampir 14.000 peluru tank ke Israel.

“Menteri Luar Negeri telah menetapkan bahwa ada keadaan darurat yang memerlukan penjualan senjata segera kepada pemerintah Israel sehingga melewati persyaratan normal untuk peninjauan kongres,” tulis pernyataan dari Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS, melaporkan AFP.


Israel, tambah badan tersebut, akan menggunakan peningkatan kemampuan ini untuk mencegah ancaman regional dan memperkuat pertahanan internalnya.

“Adalah kewajiban semua negara untuk menggunakan amunisi sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional,” tambah mereka.

Sejak dimulai pada 7 Oktober, invasi Israel telah memakan korban jiwa lebih dari 21 ribu orang di Jalur Gaza. Kebanyakan dari mereka adalah kelompok perempuan dan anak-anak.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan sedikitnya 21.320 warga Palestina tewas dan lebih dari 55.000 orang terluka akibat perang tersebut.

Sejak gencatan senjata sementara berakhir pada awal Desember, Israel semakin brutal dalam melakukan serangan di Jalur Gaza. Israel juga memperluas operasinya ke selatan, wilayah di mana ratusan ribu pengungsi mengungsi.

Diperkirakan sekitar 1,9 juta orang di Gaza kehilangan tempat tinggal sejak Oktober lalu. Badan pengungsi PBB (UNRWA) memperingatkan bahwa 40 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza kini berisiko kelaparan.

(pantat/pantat)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);