Profil Mgdalenaf, Banjir Hujatan Usai Curhat Kurang Dihargai sebagai Food Vlogger – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mgdalenaf menjadi trending topik di Twitter sejak (1/4/2023) kemarin. Tidak hanya itu, ia juga menerima banyak pelecehan. Bahkan akun Instagramnya ramai dibully netizen dengan komentar memintanya membayar makanan yang dimakan dengan uang, bukan followers.

Telusuri nama Mgdalenaf yang menjadi trending setelah klip wawancaranya di podcast Samuel Christ menjadi viral. Dalam perbincangannya, Magda mengaku mendapat perlakuan buruk di restoran yang dikunjunginya.

Meski telah menunjukkan jumlah pengikut yang dimilikinya, pihak restoran menanyakan apakah bisnisnya akan mendapatkan. Akibat kejadian itu, bukannya mendapat dukungan, Magda justru mendapat hinaan.

Sikapnya hingga hasil review mempertanyakan apakah dirinya benar-benar objektif atau tidak karena dianggap meminta hadiah gratis. Di sisi lain, banyak orang yang tidak mengenali sosoknya, terutama yang belum familiar dengan dunia food vlogger.

Nah, biar kamu makin penasaran, simak profil Mgdalenaf, seorang food vlogger yang sedang dikritik di bawah ini.

1. Biodata Mgdalenaf

Magdalena Fridawati alias Mgdalenaf. [Instagram/@mgdalenaf]

Mdalenaf lahir pada tanggal 29 April 1994 di Bekasi dengan nama Magdalena Fridawati. Selain dikenal dengan nama panggung Mgdalenaf, ia memiliki nama panggilan lain yaitu Magda. Perempuan yang kuliah di Universitas Indonesia jurusan Kriminologi ini kini dikenal sebagai food vlogger dengan total 2,4 juta pengikut di Instagram @mgdalenaf.

Sedangkan akun YouTube MGDALENAF miliknya memiliki 4,23 juta subscriber. Ketenaran Magda dibuktikan dengan nominasi yang diterimanya sebagai kategori Content Creator Kuliner Terfavorit di Video Content Creator Awards 2021.

2. Perjalanan Karir

Magdalena Fridawati alias Mgdalenaf. [Instagram/@mgdalenaf]
Magdalena Fridawati alias Mgdalenaf. [Instagram/@mgdalenaf]

Setelah lulus kuliah, Mgdalenaf mencoba berkarier sesuai dengan latar belakang pendidikannya yaitu kriminologi di sebuah perusahaan. Sayangnya pekerjaan itu tidak berlanjut karena ia menemukan minat baru. Tepatnya, pada tahun 2018 Mgdalenaf melihat peluang di dunia digital yang jauh lebih menjanjikan dari pekerjaannya saat itu.

Apalagi kesempatan ini berbarengan dengan hobinya makan, sehingga akhirnya ia membuat akun YouTube. Konten yang dibuatnya seputar makanan termasuk mukbang hingga mengomentari menu restoran. Bawa jargon ‘Bar-Bar Kuy!’ Mgdalenaf berhasil menjadi salah satu food vlogger terpopuler di Indonesia dan menjadikannya selebgram yang mendapatkan banyak tawaran endorsement.

3. Pengusaha

Vlogger makanan Magdalena Fridawati.  (Instagram/mgdalenaf)
Vlogger makanan Magdalena Fridawati. (Instagram/mgdalenaf)

Setelah sukses sebagai food vlogger dan selebritis, Mdalenaf mencoba peruntungannya sebagai pengusaha. Beliau mendirikan usaha memasak yaitu sambal dengan nama NYAMBAL.

Magda juga memiliki merek jajanan yaitu makaroni setan dengan nama MANTAN yang dijual dalam kemasan unik yaitu di dalam kantong transparan. Bisnis tersebut bisa dikatakan cukup sukses karena nama besar yang ada memudahkan orang untuk mengenali bisnis tersebut.

4. Pembantu Telah Ditipu

Magdalena Fridawati alias Mgdalenaf. [Instagram/@mgdalenaf]
Magdalena Fridawati alias Mgdalenaf. [Instagram/@mgdalenaf]

Mgdalenaf mengalami nasib sial setelah ditipu asistennya hingga menyebabkan kerugian Rp 2,4 miliar pada September 2021. Asistennya berhasil dengan uang konfirmasi pembayaran dari beberapa UKM. Akhirnya, Mgdalenaf membawa kasus tersebut ke pengadilan dengan melaporkan sang asisten ke pihak berwajib.

5. Dikritik Karena Curhat Tidak Dihargai

Vlogger makanan Magdalena Fridawati.  (Instagram/mgdalenaf)
Vlogger makanan Magdalena Fridawati. (Instagram/mgdalenaf)

Mgdalenaf sebenarnya memiliki banyak pengikut yang percaya dengan hasil reviewnya. Namun setelah percakapannya di YouTube Samuel Samuel Christ menjadi viral, banyak yang mulai meragukan objektivitas Magda saat mengulas makanan. Awalnya, Mgdalenaf hanya ingin membuat dunia food vlogger Indonesia menjadi lebih bergengsi dan disegani.

Namun, dalam pemaparannya, Mgdalenaf justru menyinggung pengalamannya merasa diremehkan. Tak hanya itu, ia juga sering ditolak dan tidak dilayani oleh restoran yang dikunjunginya.

Meskipun dia memiliki banyak pengikut dan dia menganggap nilainya sangat berharga untuk bisnis. Akibatnya, dia diserang oleh netizen sehingga banyak yang menyuruhnya untuk menjaga perilakunya jika ingin dihormati.

Profil Mgdalenaf yang dibanjiri kritik setelah menyuarakan bagaimana dia merasa diremehkan dan tidak dihargai sebagai vlogger makanan terkenal. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah