Prabowo Unggah Makan Malam dengan Prabowo, Motif Batik yang Kenakan Penuh Makna – Berita Jatim

by
Prabowo Unggah Makan Malam dengan Prabowo, Motif Batik yang Kenakan Penuh Makna

Pahami.id – Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mengunggah momen makan malam bersama Presiden RI Joko Widodo, Jumat (5/1/2024) di akun Instagram miliknya.

Selamat berakhir pekan, tulis Ketua Umum Partai Gerindra itu di kolom komentar yang dikutip.

Makan malam keduanya digelar di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat. Presiden Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih, sedangkan Prabowo Subianto mengenakan kain batik bermotif parang.

Parang merupakan salah satu motif batik tertua. Kata Parang artinya lereng, bentuknya menyerupai huruf S yang saling menyambung, diambil dari gelombang laut. Melambangkan semangat yang tidak pernah mati.

Batik parang mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah Barong. Melansir dari Stekom.ac.id, motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Lebih besar dari parang rusak.

Parang Barong mempunyai makna pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus menerus, kebijaksanaan dalam bergerak, dan kebijaksanaan dalam bertindak.

Batik motif pedang yang dikenakan Prabowo pernah dipakai oleh raja-raja.

Pertemuan Reguler

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko membenarkan pertemuan Prabowo dengan Presiden Jokowi.

Ia menegaskan pertemuan keduanya hanyalah makan malam biasa. Tidak perlu multitafsir.

“Hanya makan malam biasa saja, jadi tidak terlalu lama jadi tidak perlu terlalu banyak mengartikannya,” kata Budiman.