5 Fakta Penangkapan Saipul Jamil Atas Dugaan Kasus Narkotika, Bikin Heboh hingga Viral di Media Sosial – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penangkapan Saipul Jamil terkait kasus narkoba menuai pro dan kontra. Polisi dikritik karena tidak memanusiakan mantan suami Dewi Perssik itu.

Kabar ditangkapnya Saipul Jamil awalnya diketahui melalui video viral yang dibagikan warganet di media sosial. Penyanyi dangdut yang biasa disapa Bang Ipul itu terlihat ditangkap saat sedang bepergian.

Polisi kemudian memastikan artis tersebut ditangkap karena dugaan narkoba.

Lantas, apa saja fakta baik dan buruk penangkapan Saipul Jamil? Berikut ulasannya.

1. Ditangkap di Busway

Saipul Jamil diborgol dan diseret sejumlah orang di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024). Namun belum diketahui apa yang menimpa penyanyi dandut berusia 43 tahun itu. [istimewa]

Saipul Jamil ditangkap polisi pada Jumat (6/1/2024) sekitar pukul 15.00 WIB. Penangkapan terjadi di Jl. Titik Daan Mogot KM 1 dikenal dengan Halte Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Dalam video viral tersebut, Saipul Jamil berteriak dan memohon agar tidak dibawa ke kantor polisi. Penangkapan itu memicu kerumunan massa hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

2. Ditangkap setelah salat Jumat

Tangkapan layar Saipul Jamil hendak salat Jumat.  (Cerita Instagram/@saipuljamilreal)
Tangkapan layar Saipul Jamil berangkat salat Jumat. (Cerita Instagram/@saipuljamilreal)

Saipul Jamil ditangkap polisi sepulang dari salat Jumat. Fakta tersebut diketahui melalui unggahan Instagram story Bang Ipul sebelum video penangkapannya viral di media sosial.

Dalam unggahan tersebut, Saipul Jamil mengenakan hoodie berwarna hitam, sama persis dengan penampilannya saat ditangkap polisi.

3. Menolak Ditangkap

Penyanyi dangdut Saipul Jamil dikabarkan ditangkap terkait kasus narkoba.  (tangkapan layar/daftar)
Penyanyi dangdut Saipul Jamil dikabarkan ditangkap terkait kasus narkoba. (tangkapan layar/daftar)

Banyak video yang beredar menampilkan momen penangkapan Saipul Jamil karena dugaan kasus narkoba. Bang Ipul terlihat diamankan polisi sambil duduk dan merengek di jalur bus.

Saipul Jamil disebut menolak ditangkap, sementara aparat terlihat memaksanya dengan kasar. Tak jauh darinya, terlihat sebuah mobil berwarna hitam dengan pintu terbuka setelah digeledah.

4. Hasil tes narkoba negatif

Saipul Jamil dibawa keluar dari Polsek Tambora, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024) sore [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]
Saipul Jamil dibawa keluar dari Polsek Tambora, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024) sore [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Polisi mengatakan Saipul Jamil langsung menjalani tes urine setelah ditangkap dan hasilnya negatif narkoba. Namun hasil tes asistennya positif.

Berdasarkan informasi polisi, mereka sebenarnya mengincar orang lain. Namun, Saipul Jamil ada di dalam mobil yang mereka incar.

5. Polisi Mendapat Kritik

Saipul Jamil saat memberikan bukti dalam pelepasan kasus narkoba yang menjerat asistennya di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (6/1/2023). [Pahami.id/Rena Pangesti]
Saipul Jamil saat memberikan bukti dalam pelepasan kasus narkoba yang menjerat asistennya di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (6/1/2023). [Pahami.id/Rena Pangesti]

Cara polisi menangkap Saipul Jamil mendapat reaksi keras dari masyarakat. Mereka dikecam keras karena memperlakukan Ipul seperti gembong narkoba atau penjahat besar selama proses penangkapan.

Polisi bahkan ditanya apakah mereka juga akan menangkap korupsi dengan cara yang sama. Warganet pun meminta Saipul Jamil menggugatnya atas pencemaran nama baik karena hasil tes narkobanya negatif.

Itulah daftar fakta Saipul Jamil yang menuai pro dan kontra.

Kontributor: Chusnul Chotimah