PKB Sebut Gerindra Pisah Secara Gentleman: Prabowo akan Lebih Mudah Pilih Cawapres – Berita Jatim

by
PKB Sebut Gerindra Pisah Secara Gentleman: Prabowo akan Lebih Mudah Pilih Cawapres

Pahami.id – Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar baru saja menyatakan niatnya mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024 yang digelar di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Artinya, dengan deklarasi tersebut dipastikan PKB akan berpisah dengan koalisi lamanya yakni Gerindra.

Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan meski berpisah, PKB akan tetap menjaga hubungan dengan Gerindra yang berkomitmen mencalonkan Prabowo Subianto sebagai presiden.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian teman-teman Gerindra. Seperti yang disampaikan Bang Dasco Ahmad terkait terbentuknya kerja sama politik antara PKB dan NasDem. “Kami terus menjaga silaturahmi dengan Gabungan Indonesia Maju,” kata Cucun usai deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya.

Menurut dia, dinamika pemilu presiden membuat seluruh parpol termasuk PKB akan berada pada berbagai posisi yang berbeda dengan parpol lainnya. Kebutuhan untuk memenuhi ambang batas presiden memaksa partai politik untuk membentuk koalisi yang memungkinkan adanya kebersamaan atau pemisahan.

Situasi pertemuan dan perpisahan saat ini ternyata sangat dimaklumi oleh Gerindra yang disampaikan melalui Bang Dasco. “Tentunya kami sangat mengapresiasi sikap positif ini,” ujarnya.

Di sisi lain, sikap PKB akan memudahkan langkah Prabowo Subianto dalam menentukan calon wakil presidennya. Menhan tak lagi terikat dengan Perjanjian Sentul yang mewajibkan Wapres mengambil keputusan bersama Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Bagi saya, ini juga menjadi pelajaran tersendiri dari terbentuknya pasangan Mas Anies dan Gus Imin, ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu berharap sikap santun dan positif Gerindra terhadap PKB bisa menjadi contoh bagi partai lain. Dengan begitu, kondisi kondusif Pemilu 2024 yang penuh persaingan bisa dilalui dengan gembira.

“Sekeras apa pun kita bersaing, tentunya kita tidak boleh lupa bahwa tujuan pesta demokrasi adalah menciptakan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai kepentingan rakyat terganggu karena elite yang membuat keributan hanya karena kepentingannya sendiri. kepentingannya terganggu,” ujarnya. dia berkata.

Sebelumnya diketahui, Pengurus Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad menyampaikan Perjuangan Baik kepada Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar yang akan bersaing sebagai calon presiden dan wakil presiden bersama Anies Baswedan.

Dasco juga mengajak PKB menjaga iklim kondusif menghadapi pemilu 2024 agar pesta demokrasi dapat berjalan aman dan lancar.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia