Pilpres 2024 Memanas, Pondok Pesantren Pendiri NU Keluarkan Sikap Resmi Terkait Dukungan – Berita Jatim

by
Pilpres 2024 Memanas, Pondok Pesantren Pendiri NU Keluarkan Sikap Resmi Terkait Dukungan

Pahami.id – Pendiri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari, Tebuireng, lajang mengeluarkan sikap terkait Pilpres 2024.

Sebelumnya beredar kabar Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mendukung salah satu calon presiden dan wakil presiden.

Terbaru, Pondok Pesantren Tebuireng mengeluarkan pernyataan resmi terkait Pilpres 2024. Ada lima poin penting yang disampaikan.

Sehubungan dengan tersebarnya informasi di media sosial mengenai deklarasi yang mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng tentang dukungan terhadap salah satu Calon Presiden dan Wakil Presiden, maka Pondok Pesantren Tebuireng merasa perlu untuk menyampaikan penjelasan atau tabayun berikut ini. ,” bunyi pernyataan resmi seperti dikutip dari WAKTU Indonesia— Mitra Pahami.id, Rabu (7/2/2024).

Pondok Pesantren Tebuireng memastikan jiwa pesantren dilandasi oleh nasionalisme untuk kemaslahatan umat, seperti yang diajarkan oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari.

Sikap ponpes tegas, tidak terlibat politik praktis. Tidak secara terbuka menyatakan dukungan terhadap calon presiden dan wakil presiden.

Pondok pesantren mempunyai posisi netral dan tidak memihak dalam pemilihan presiden demi menjaga persatuan dan semangat persaudaraan.

Pondok pesantren tetap menerima dan menghormati tamu yang berkunjung sesuai dengan ajaran Islam.

Terakhir, kegiatan “memberi dukungan” kepada salah satu pasangan calon pada acara “Mudzakarah Indonesia Maju” yang dilaksanakan di area parkir KMGD (di luar area Pondok Pesantren Tebuireng) tidak diwakili oleh pihak lembaga. Sikap ini diungkapkan secara pribadi.

Surat tersebut ditandatangani oleh Guru Pondok Pesantren Tebuireng, KH. Abdul Hakim Machfudz.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu sejumlah dzurriyah atau keturunan KH. Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri pesantren yaitu Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin dan Gus Ivan Fahmi pada acara Penerangan Tebuireng di pesantren.

Mengajak seluruh pihak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024. Dengan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029, kata perwakilan dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. . , Gus Ivan di Jombang, Selasa (6/2/2024).