Once Mekel Bisa Dipidana 3 Tahun Penjara Jika Ngotot Nyanyikan Lagu Dewa 19, Kecuali Satu Hits Ini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ahmad Dhani yang diwakili pengacaranya, Aldwin Rahadian tidak main-main dengan larangan Once Mekel menyanyikan lagu Dewa 19. Namun, alasannya bukan lagi soal royalti.

Aldwin Rahadian mengatakan, Dewa 19 saat ini sedang tur. Jadi rasanya tidak etis jika Once terus menyanyikan lagu-lagu bekas bandnya.

“Di sisi lain, mereka (Dewa 19) sedang tur, tapi ada juga yang tampil dengan (lagu) Dewa,” kata kuasa hukum Aldwin, dalam jumpa pers di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (31/3). /2023).

“Cukup janggal dan janggal. Itu yang dikatakan Dhani,” ujar pengacara Ahmad Dhani.

Namun jika Once Mekel ngotot menyanyikan lagu Dewa 19, maka Ahmad Dhani tak segan-segan menempuh jalur hukum. Ini mengacu pada somasi yang baru saja diajukan melalui pengacaranya.

“Jika dilakukan tanpa izin, diancam hukuman penjara paling lama tiga tahun dan atau denda Rp 500 juta. Ini sesuai Pasal 113 UU Hak Cipta,” ujar pengacara Ahmad Dhani.

Namun ada pengecualian untuk satu lagu Dewa 19, “Jesus”. Karena hits ini diciptakan oleh Ahmad Dhani bersama Once Mekel.

“Tidak, tidak (masukan somasi). Itu yang mereka berdua buat,” kata Aldwin.

Sebelum somasi ini dikeluarkan, Once Mekel justru memberikan konfirmasi. Setelah Ahmad Dhani melarangnya menyanyikan lagu Dewa 19, Once tak akan membawakannya. Kecuali satu lagu, “Jealous”.

“Saya menulisnya bersama. Kalaupun saya nyanyikan hanya satu lagu, itu hanya untuk penggemar saya,” kata Once Mekel saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).