Ngeri! Detik-Detik Pohon Beringin Tua di Alun-Alun Blitar Tumbang, 10 Orang Jadi Korban – Berita Jatim

by
Ngeri! Detik-Detik Pohon Beringin Tua di Alun-Alun Blitar Tumbang, 10 Orang Jadi Korban

Pahami.id – Hujan deras disertai angin kencang menimpa pohon beringin tua di Alun-Alun Kota Blitar, merobohkan beberapa lapak milik Pedagang Kaki Lima (PKL) pada Minggu (7/1/2024) sore.

Data sementara, ada 10 orang yang menjadi korban dalam kejadian tersebut. Saat kejadian, banyak masyarakat yang sedang makan dan berteduh di salah satu warung pedagang di sisi timur Alun-Alun Kota Blitar.

Kepala BPBD Kota Blitar, Agus Suherli mengatakan, kejadian tumbangnya pohon besar di Alun-Alun terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Kepanikan terjadi segera setelah pohon berdiameter besar.

“Sekitar pukul 14.00 hujan deras mengguyur Kota Blitar. Kemudian disertai angin kencang. “Pohon beringin di kawasan Alun-Alun Kota Blitar tumbang,” ujarnya seperti dikutip Beritajatim.com, rekan media Pahami.id.

Pohon beringin yang berusia ratusan tahun itu diduga membusuk hingga tumbang akibat diterpa hujan deras dan angin kencang.

“Kemudian pohon ini tumbang di sekitar 4 kios. Pepohonan dan lapak pedagang berada di sisi timur Alun-Alun Kota Blitar, ujarnya.

Pihaknya mengaku masih terus mendata jumlah korban yang tertimpa pohon beringin tua. Namun, kata Agus, beberapa korban dilarikan ke RSUD Mardi Waluyo untuk mendapatkan perawatan.

“Jumlah korbannya belum kami ketahui, namun ada beberapa yang luka-luka. “Dia dibawa ke RSUD Mardi Waluyo,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini BPBD Kota Blitar bersama DLH Kota Blitar, anggota TNI/Polri dan lain sebagainya masih melakukan pembersihan. Termasuk memangkas bagian pohon yang tumbang di tenda PKL.

“Ini masih dipindahkan (clearance), masih ditangani. “Kemudian untuk upaya selanjutnya mungkin kita akan koordinasikan pohon mana saja yang perlu dipangkas dan sebagainya,” ujarnya.