Mau Dijalani Rendy Kjaernett dan Lady Nayoan, Apa Itu Peneguhan Janji Pernikahan? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Rendy Kjaernett dan Lady Nayoan mengatakan mereka akan menegaskan kembali janji pernikahan mereka pada bulan September. Komitmen itu dilontarkan keduanya usai rumah tangganya diguncang kasus perselingkuhan Rendy dengan Syahnaz Sadiqah.

Meski sempat terlibat skandal perselingkuhan, Lady memutuskan untuk memaafkan Rendy. Keduanya sepakat berdamai dengan menegaskan kontrak pernikahan mereka.

Lalu apa pengukuhan pernikahannya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Penguatan perkawinan biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri kristiani yang pada saat menikah masih belum mengenal Tuhan. Oleh karena itu, mereka belum mendapat restu pernikahan.

Pengukuhan sumpah pernikahan pada dasarnya tidak berbeda dengan pemberkatan pernikahan, dimana suami istri membuat janji dihadapan Tuhan, pimpinan gereja dan jamaah sebagai saksi.

Adapun yang dapat memimpin pengukuhan nikah hanyalah imam. Mengenai waktu pengukuhan janji pernikahan, biasanya ditentukan oleh masing-masing gereja setempat.

Pengukuhan akad nikah ini mempunyai beberapa syarat yaitu syarat ruhani dan juga syarat administratif.

Kondisi rohaninya adalah kedua pasangan sudah mengalami kelahiran baru. Hal ini dinilai berdasarkan wawancara dengan pimpinan gereja.

Selain itu, kedua pasangan harus sudah menerima baptisan air. Ini merupakan wujud komitmen mereka untuk melakukan segala kehendak Tuhan.

Sedangkan untuk keperluan administratif, sekurang-kurangnya salah satu di antara keduanya merupakan jemaah terdaftar dari gereja tempat akad nikah akan dikukuhkan.

Lihat Rendy dan Nyonya

Rendy dan Lady menjelaskan, acara tersebut akan diadakan secara privat bersama pendeta. Keduanya pun menjelaskan prosesi pengukuhan akad nikah.

“Ini seperti membuat janji kepada Tuhan lagi. Kami menikah kemarin di gereja, kata janji itu. Jadi kemarin ada masalah, kami ingin lebih kuat,” kata Rendy.

Lady menyamakan penegasan kembali ikrar pernikahannya dengan Rendy sebagai bentuk kelahiran baru. Ia mengaku bersyukur karena Tuhan telah mengubah hati mereka untuk tetap bersama dalam bahtera rumah tangga.

Lady pun menjelaskan, mereka tidak memiliki rencana apa pun setelah pengukuhan akad nikah, selain menikmati momen bersama.

Rendy pun menjelaskan, ada kesepakatan antara dirinya dan Lady setelah memutuskan rujuk. Salah satunya, ia berjanji akan menjadi pribadi dan suami yang lebih baik bagi Lady.

Rendy mengaku bersyukur keluarganya yang terancam tenggelam kini bisa kembali berlayar. Lady Nayoan akhirnya memutuskan rujuk dengan Rendy, sebelum keduanya resmi bercerai oleh Pengadilan Negeri Bekasi.

Kontributor: Shifa Khoerunnisa