Konser dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Siapa yang suka nonton konser musik? Tahukah Anda bahwa musisi pertama yang mengadakan konser di dunia adalah John Banister pada tahun 1672? Saat itu, konser atau pertunjukan musik masih sangat umum di kalangan masyarakat dan hanya dihadiri oleh kalangan tertentu saja. Namun berbeda dengan sekarang, dimana hampir semua orang ingin datang dan merasakan live concert dari musisi favoritnya.

Begitu pula dengan pecinta musik di Indonesia yang rela merogoh kocek jutaan bahkan puluhan juta rupiah untuk bisa bernyanyi bersama musisi kesayangannya. Salah satu musisi dengan penonton terbanyak di Indonesia adalah Iwan Fals pada tahun 2014, dengan total 350 ribu penonton.

Lalu ada Blackpink yang tampil di GBK Jakarta dengan penonton 70 ribu orang. Yang terbaru, konser Coldplay yang akan digelar pada 15 November 2023 diperkirakan akan menyedot lebih dari 77.000 penonton.

Tertarik, konser dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah? Simak ulasan dance di bawah ini sampai akhir ya.

Konser dengan Penonton Terbesar dalam Sejarah

Live 8 menjadi salah satu konser dengan penonton terbesar dalam sejarah, dimana pertunjukan yang diadakan pada tahun 2005 merupakan festival kemanusiaan untuk menghasilkan uang yang akan disumbangkan ke negara-negara miskin.

Khususnya, konser tersebut menampung lebih dari 1 juta penonton di depan Philadelphia Museum of Art untuk menyaksikan penampilan Bon Jovi, Linkin Park, Kanye West, dan bahkan Kaiser Chiefs.

Lalu ada Paz sin Fronteras atau artinya Damai Tanpa Batas yang merupakan festival musik outdoor yang dipentaskan oleh musisi Juanes pada tahun 2009 untuk menyebarkan pesan perdamaian ke seluruh negara Latin dan Amerika Selatan. Acara ini diadakan dua kali, dimana acara pertama berhasil mendapatkan sekitar 300.000 penonton, kemudian acara kedua hadir 1,1 juta penonton.

Konser berikutnya dengan penonton terbesar dalam sejarah adalah konser The Rolling Stones yang diadakan di Pantai Copacabana Rio pada tahun 2006 dengan 1,5 juta penonton. Kemudian ada juga Monsters of Rock yang merupakan festival musik rock yang diadakan pada tahun 1980-1996 di Castle Donington, dimana pada tahun 1991 terdapat 1,6 juta penggemar rock yang hadir untuk melihat penampilan dari Motley Crue, Metallica, dan AC/DC. Selain itu, ada juga festival musik Love Parade yang berlangsung di Dortmund, Jerman yang dikunjungi lebih dari 1,6 juta penonton.

Rekor konser yang sukses mendatangkan jumlah penonton terbanyak dipegang oleh musisi terkenal Rod Stewart. Konser gratis yang digelar di Pantai Copacabana pada Malam Tahun Baru 1994 itu disaksikan lebih dari 4,2 juta penonton. Konser ini menjadi salah satu konser dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah.