Konser Artis Mancanegara di Indonesia Sepanjang 2023, Ada yang Berakhir Rusuh – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Setelah pandemi Covid-19 berakhir, sejumlah musisi internasional mulai kembali menginjakkan kaki di Indonesia. Sepanjang tahun 2023, lebih dari 15 artis asing akan menggelar konser di Indonesia.

Kisah konser setiap artis di Indonesia berbeda-beda. Bahkan ada pula konser yang terhenti di tengah jalan karena alasan teknis.

Lantas siapa saja yang akan tampil di Indonesia sepanjang tahun 2023? Periksa hal berikut:

1. Keinginan malam

Awal tahun 2023 dibuka dengan kemunculan band metal asal Finlandia, Nightwish. Setelah sempat menunda tur Asia selama setahun akibat pandemi Covid-19, Nightwish akhirnya memuaskan dahaga para pecinta musik metal di Indonesia.

Floor Jansen dan kawan-kawan tampil di Jakarta pada Selasa (17/1/2023) di venue konser Istora Senayan.

Selama tampil di Indonesia, Nightwish membawakan beberapa lagu dari album barunya yang bertajuk Human.:II:Nature.

2. Rokok Setelah Berhubungan Seks

Sebulan kemudian, giliran band Cigarettes After Sex (CAS) yang menghibur belantika musik Tanah Air. Band asal Amerika ini tampil di Ecovention Hall Jakarta pada Jumat (3/2/2023).

Poster Konser Rokok After Sex di Indonesia (Instagram/infokonserjakarta)

Greg Gonzalez dan kawan-kawan membawakan 15 lagu, termasuk lagu hits mereka seperti ‘Nothing’s Gonna Hurt You Baby’, ‘K.’ dan ‘Surgawi’.

3. Kehidupan Barat

Konser musik artis internasional selanjutnya yang akan berlangsung pada Februari 2023 adalah boy band asal Irlandia, Westlife. Mereka tampil di Indonesia dalam konser bertajuk ‘Westlife The Wild Dreams Tour 2023’.

Personel Westlife, Nicky Byrne (kiri) dan Kian Egan (kanan) tampil dalam konser bertajuk 'The Wild Dream Tour 2023' di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2/2023). [Pahami.id/Alfian Winanto]
Personel Westlife, Nicky Byrne (kiri) dan Kian Egan (kanan) tampil dalam konser bertajuk ‘The Wild Dream Tour 2023’ di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2/2023). [Pahami.id/Alfian Winanto]

Konser boy band besutan Nicky Byrne dan kawan-kawan ini sudah dua kali digelar. Pertama di ICE BSD Tangerang pada Kamis (9/2/2023) dan di Stadion Gelora Bung Karno Madya, Jakarta pada Sabtu (11/2/2023).

Dalam Wild Dreams Tour, Westlife mengajak para penggemarnya untuk menghidupkan kembali lagu-lagu hits mereka seperti ‘Uptown Girl’ dan ‘Alone Together’. Konser Westlife di Indonesia dibuka oleh Judika Sihombing dengan lagu bertajuk ‘Beautiful in White’.

4. Serenade Bekas

Lanjut ke bulan Maret, artis luar negeri yang menggelar konser di Indonesia adalah band rock akustik Secondhand Serenade.

Tampil di lima kota, John Vesely dan kawan-kawan mengawali tur dari Bali dan berakhir di Bandung.

Secondhand Serenade tercatat tampil di Bali pada Sabtu (4/3/2023), Jakarta pada Minggu (5/3/2023), Yogyakarta pada Rabu (8/3/2023), Surabaya pada Jumat (10/3/2023). , dan Bandung pada Sabtu (11/3/2023).

Pada konser Everblast Festival di Jakarta, Secondhand Serenade berbagi panggung dengan band luar negeri lainnya seperti Hoobastank dan Simple Plan.

5. BLACKPINK

Enam hari kemudian, BLACKPINK muncul di Indonesia. Girl group asal Korea Selatan ini untuk kedua kalinya menyambut penggemarnya di Indonesia dalam konser BLACKPINK World Tour (Born Pink).

Grup gadis BLACKPINK.  (Twitter/alkpop)
Grup gadis BLACKPINK. (Twitter/alkpop)

Konser BLACKPINK berlangsung selama dua hari, Sabtu (11/3/2023) dan Minggu (12/3/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jennie dan kawan-kawan membawakan lagu hits mereka seperti ‘How You Like That’ dan ‘Pink Venom’.

Beberapa artis tanah air turut memeriahkan konser BLACKPINK di Jakarta antara lain Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Ashanty, dan Aurel Hermansyah.

6. Monyet Arktik

Masih di bulan Maret, belantika musik Indonesia kedatangan tamu dari grup rock asal Inggris Arctic Monkey. Konser Arctic Monkeys di Jakarta menjadi penutup tur Asia mereka tahun 2023.

Monyet Arktik [Instagram/@arcticmonkeys]
Monyet Arktik [Instagram/@arcticmonkeys]

Alex Turner dan kawan-kawan tampil di Beach City Ancol International Stadium, Sabtu (18/3/2023). Konser Arctic Monkeys dibuka dengan penampilan vokalis band Reality Club, Fathia Izzati.

Beberapa lagu yang dibawakan Arctic Monkeys untuk menghibur penonton di Jakarta adalah ‘Sculptures of Anything Goes’, ‘Brainstorm’, dan ‘Snap Out of It’.

7.Suga BTS

Selain BLACKPINK, artis Korea Selatan yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2023 adalah Min Yoongi atau dikenal dengan nama panggung Suga.

Anggota boy grup BTS tampil dalam tur album pertama mereka yang bertajuk D-Day. Konser musik ‘AGUST D Tour in Jakarta’ akan berlangsung selama tiga hari, yakni Jumat (26/6/2023), Sabtu (27/6/2023), dan Minggu (28/6/2023).

Suga BTS (Twitter.com/bts_official)
Suga BTS (Twitter.com/bts_official)

Suga BTS membuka turnya di Indonesia dengan single berjudul ‘Haegeum’. Selain itu, ia juga membawakan remix dari ‘Life Goes On’, ‘Seesaw’, ‘UGH!’, dan ‘Shadow’.

8. KANA-BOON

Selain KPopers, pecinta musik Jepang dan penggemar Anime juga akan memuaskan dahaga mereka di tahun 2023 dengan penampilan grup Jepang Kana-Boon.

Kana-Boon langsung menggebrak panggung Impactnation Japan Festival 2023 dengan lagu-lagu andalan mereka seperti ‘Silhouette’ yang merupakan soundtrack anime Naruto dan ‘Baron Road’ yang merupakan soundtrack anime Boruto.

Dalam konser yang berlangsung pada 29-30 Juli 2023 itu, Kana-Boon akan berbagi panggung dengan band asal Jepang lainnya yakni Flow, Yama, dan Cho Tokimeki Sendenbu.

9. Ronan Keating

Selanjutnya artis asing yang tampil di Indonesia adalah Ronan Keating. Ia tampil dalam konser solo bertajuk Epic Friday di Pullman Hotel Jakarta Park pada Jumat (18/8/2023).

Ronan Keating [shutterstock]
Ronan Keating [shutterstock]

Dalam konser musik tersebut, vokalis BoyZone itu mengajak para penggemar mengenang lagu-lagu hits era 1999 hingga 2000-an seperti ‘Baby Can I Hold You’ dan ‘If Tomorrow Never Comes’.

Tak hanya itu, Ronan Keating juga berkolaborasi dengan penyanyi Putri Ariani menyanyikan lagu berjudul ‘No Matter What’.

10. Leher Bagian Dalam

Band pop-punk asal Inggris, Neck Deep, menambah daftar panjang artis asing yang tampil di Indonesia sepanjang tahun 2023.

Ada tiga kota di Indonesia yang menjadi target tur konser Neck Deep Live di Australia dan Asia.

Leher Bagian Dalam. [Instagram]
Leher Bagian Dalam. [Instagram]

Band yang dimotori Ben Barlow ini tampil di Surabaya pada Jumat (15/9/2023), di Jakarta pada Sabtu (16/9/2023), dan di Medan pada Minggu (17/9/2023).

11. SATU BATU OKE

Grup asal Jepang berikutnya menyusul Kana-Boon dan Flow yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2023 adalah One Ok Rock.

Konser One Ok Rock di Beach City International Stadium pada Sabtu (30/9/2023) [dok: PK Entertainment]
Konser One Ok Rock di Beach City International Stadium pada Sabtu (30/9/2023) [dok: PK Entertainment]

One Ok Rock berhasil mengobati penantian 10 tahun para penggemar Indonesia. Pasalnya Takahiro Moriuchi dan kawan-kawan terakhir kali menggelar konser di Indonesia pada tahun 2013.

Tahun ini, On Ok Rock berhasil tampil di panggung Beach City Ancol International Stadium selama dua hari berturut-turut pada 29 dan 30 September 2023.

12. BMTH

Artis luar negeri berikutnya yang tampil di Indonesia adalah Bring Me The Horizon (BMTH). Band asal Inggris itu rencananya tampil di Beach City International Stadium Ancol pada Jumat (10/11/2023) dan Sabtu (11/12/2023).

Namun sayang, konser BMTH tiba-tiba terhenti di hari pertama dan dibatalkan di hari kedua. Di hari pertama, BMTH menghentikan penampilan mereka di lagu ke-11 dari total 19 lagu setlist yang seharusnya dibawakan.

Vokalis BMTH Oliver Sykes [Instagram/olobersykes]
Vokalis BMTH Oliver Sykes [Instagram/olobersykes]

Alhasil, konser berakhir ricuh. Sejumlah penonton naik ke panggung untuk mengungkapkan perasaannya. Tak hanya itu, beberapa oknum dikabarkan merusak bahkan merampok peralatan musik seperti stand mikrofon Oliver Sykes.

13. Permainan Dingin

Konser bertajuk Music of The Spheres Tour 2023 yang berlangsung pada 15 November 2023 ini merupakan kali pertama Chris Martin dan kawan-kawan menginjakkan kaki di Indonesia.

Profil Chris Martin (Instagram/@coldplay)
Profil Chris Martin (Instagram/@coldplay)

Sebelum menggebrak Stadion Utama Gelora Bung Karno, Chris Martin mencuri perhatian publik karena kedapatan berjalan tanpa alas kaki alias injak-injak jalanan ibu kota.

Meski baru pertama kali tampil di Indonesia, band asal Inggris ini berhasil menghibur penonton dengan membawakan sekitar 25 lagu. Mereka membawakan lagu-lagu hits seperti ‘The Scientist’, ‘Fix You’ dan ‘Yellow’.

14. Alesso

Lanjut ke Desember 2023, artis luar negeri berikutnya yang tampil di Indonesia adalah Alesso. Ia terkenal berbagi panggung dengan artis lain seperti David Guetta, Steve Angello, DJ Snake, Alok, dan Fisher.

Alesso tampil dalam konser musik bertajuk Djakarta Warehouse Project (DWP) yang berlangsung di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali pada 8 Desember 2023.

Konser Alesso di Bali mendapat banyak perhatian karena disaksikan beberapa publik figur seperti Fuji, Asnawi Mangkualam, dan Steffi Zamora.

15. DUA KALI

Tahun 2023 ditutup dengan konser musik TWICE. Girl group asal Korea Selatan ini berhasil memuaskan kerinduan para penggemarnya setelah penantian selama 5 tahun.

DUA KALI (Twitter/allkpop)
DUA KALI (Twitter/allkpop)

Selain menghibur penonton, Jihyo dan kawan-kawan juga banyak mencuri perhatian karena mengenakan gaya busana yang lebih tertutup saat tampil di Indonesia.

Konser bertajuk TWICE 5TH World Tour Ready To Be In Jakarta yang berlangsung pada Sabtu (23/12/2023) itu juga disaksikan putra Ganjar Pranowo, Alam Ganjar, dan pacarnya, Eca Aura.