Ada Rasa Pahit, Fruity dan Sedikit Karamel – Berita Jatim

by
Ada Rasa Pahit, Fruity dan Sedikit Karamel

Pahami.id – Kopi Siapa yang tidak suka dengan minuman ini termasuk calon presiden nomor 2, Prabowo Subianto. Pasangan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 ini dikenal sebagai pecinta kopi.

Saat menjadi bintang tamu di YouTube Deddy Corbuzier, suatu ketika, Prabowo bercerita bahwa dirinya sangat gemar minum kopi, khususnya Kopi Hambalang.

Saat diwawancarai Deddy Corbuzier, Prabowo mengaku sangat menyukai kopi Hambalang. Namun, dia enggan menceritakan manfaat yang didapatnya setelah menyeruput kopi tersebut.

“Cocok buat saya. Ha..ha, kalau saya kasih tahu, jelek banget,” kata Prabowo saat itu.

Menariknya, sebagai penikmat kopi pun, Prabowo Subianto punya aturan ketat dalam meminumnya. Prabowo mengatakan, batasan kopi baginya hanya sampai pukul 18.00.

Namun aturan tersebut bisa ia langgar jika keesokan harinya ia tidak memiliki aktivitas apa pun alias sedang libur.

“Kalau malam atau tidak, saya harus mampir jam 5 atau 6 (sore). Paling lambat jam 6, kecuali besoknya hari libur,” kata Prabowo.

Dalam kesempatan lain, Prabowo juga menyebut bahwa minum kopi bisa membuatnya lebih banyak berpikir.

“Minum kopi bisa membuat saya berpikir,” kata Prabowo kepada Desi Anwar saat dialog Global Food Security Forum di Nusa Dua Bali pada 13 November 2022.

Lalu apa itu Kopi Hambalang? Apakah jenis kopi ini mirip dengan kopi yang lebih populer seperti Kopi Aceh atau Kopi Gayo?

Dikutip dari beberapa sumber, Kopi Hambalang merupakan salah satu jenis kopi Arabika. Kopi jenis ini memiliki rasa buah-buahan, sedikit rasa manis karamel dan sedikit rasa pahit.

Kopi jenis ini jika dilihat dari rasa pahit yang dihasilkannya cukup mirip dengan kopi daerah Bogor pada umumnya.

Bagi Prabowo Subianto sendiri, biasanya untuk menghilangkan rasa pahit pada kopi, ia mencampurkannya dengan kayu manis, bukan gula. Kayu manis rupanya menjadi salah satu resep kopi Hambalang ala Prabowo.

Prabowo sendiri cukup bangga dengan kopi Hambalang kesukaannya. Sejumlah tokoh masyarakat seperti Denny Caknan hingga politisi kerap menyajikan kopi ini saat berkunjung ke rumahnya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Seperti saat menjamu Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri pada 2019 lalu. Kata Prabowo, saat itu ia mentraktir Mega dengan kopi seduhan khusus.