Kisah Resti, Mantri BRI yang Layani Masyarakat di Wilayah Perbatasan – Berita Jatim

by
Kisah Resti, Mantri BRI yang Layani Masyarakat di Wilayah Perbatasan

Pahami.id – Setiap pekerjaan memiliki kelebihan dan tantangannya masing-masing, salah satunya menjadi Menteri BRI. Tidak banyak yang mengetahui profesi Mantri BRI sebagai salah satu garda terdepan dalam edukasi dan literasi keuangan masyarakat hingga ke pelosok Indonesia. Hal itu diungkapkan Resti Julianti, perempuan asal Sungai Guntung, Riau, yang memantapkan tekadnya untuk melayani pelanggan di wilayah perbatasan Riau – Jambi.

Perempuan berusia 26 tahun ini menuturkan, sebelum menjadi Menteri BRI, ia pernah menjabat sebagai Customer Service (CS) di kantor cabang BRI di Riau sejak 2014 hingga 2019. Ingin menghadapi lebih banyak tantangan dan ingin lebih berkontribusi, dia mengajukan diri untuk menjadi Perawat.

Akhirnya Resti direkomendasikan pimpinan menjadi Menteri BRI. Sejak tahun 2019, Resti resmi menjadi Menteri BRI hingga saat ini.

Sebelum diangkat menjadi Menteri BRI, banyak calon Menteri lainnya yang menolak ditempatkan di kawasan Sungai Guntung yang terletak di perbatasan Riau dan Jambi karena lokasinya yang jauh dari kantor cabang.

Berbeda dengan Resti yang justru menerima tawaran itu. “Kebetulan karena di Sungai Guntung daerah perbatasan jauh dari kantor cabang, banyak Menteri lain yang ditugaskan di sini. Akhirnya saya yang ditawari, kebetulan daerah itu provinsi saya sendiri,” ujarnya.

Selama menjadi perawat selama kurang lebih 4 tahun, gadis asal Sungai Guntung ini memiliki banyak pengalaman menarik. Beberapa desa di wilayah sungai Guntung belum memiliki fasilitas listrik di desanya. Selain itu, Resti juga harus membiasakan diri menjelajah sungai menggunakan perahu kecil, sebelum bertemu klien di desa lain.

“Di sini wilayah yang memiliki jaringan bisa dikatakan hanya di wilayah sungai Guntung saja, kalau di luar Guntung tidak ada sinyal. Ketika saya ingin datang ke pelanggan, butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk sampai ke sana dengan perahu,” katanya.

Meski begitu, Resti sangat menikmati perannya sebagai Menteri BRI di wilayah sungai Guntung dan sekitarnya. Berkat menjadi Mantri, kini Resti lebih dikenal masyarakat. Saya suka membantu teman, keluarga, dan komunitas. Itulah saya sebagai menteri, saya ingin berarti bagi orang lain,” katanya.

Kini, Resti mengelola 760 pelanggan dari 13 desa di wilayah sungai Guntung. Di setiap desa, rata-rata 80 persen penduduknya adalah nasabah BRI.

Berkat kegigihannya sebagai Menteri, Resti pun sukses mendapatkan berbagai penghargaan dari BRI. Salah satunya pada pertengahan tahun 2020, Resti mendapatkan predikat sebagai Menteri Pemasar QRIS terbaik.