Khofifah-Emil Pasangan Paling Potensial untuk Pilgub Jatim 2024 – Berita Jatim

by
Khofifah-Emil Pasangan Paling Potensial untuk Pilgub Jatim 2024

Pahami.id – Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W Oetomo mengungkapkan Khofifah-Emil jilid dua di Jawa Timur berpotensi besar terjadi.

Hasil survei yang dilakukan menunjukkan keduanya memiliki elektabilitas tinggi.

“Khofifah masih memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Cagub Jatim dari calon lain,” kata Direktur SSC Mochtar W Oetomo saat paparan hasil survei di Hotel Narita, Rabu (9/8/2023).

Khofifah Indar Parawansa memiliki elektabilitas sebesar 34,2 persen. Unggul dari mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mencapai 18,4 persen. Tempat ketiga diisi Emil Dardak sebesar 11,5 persen.

Berikutnya ada nama Eri Cahyadi 6,7 persen dan Anwar Sadad 5,5 persen. Sementara, beberapa nama lain seperti Gus Ipul, Sarmuji elektabilitasnya di bawah 5 persen.

Untuk Calon Wakil Gubernur Jatim, elektabilitas Emil Dardak jauh meninggalkan yang lain, yakni 35,8 persen. Disusul Eri Cahyadi 15,7 persen, Puti Guntur 7,3 persen, dan Anwar Sadad 6,8 persen. “Nama-nama lain angkanya di bawah 5 persen,” jelasnya.

Mochtar mengungkapkan, jika Khofifah tetap maju di Pilgub Jatim, maka pasangan yang paling potensial ialah Emil Dardak.

“Jika Khofifah belum declare di Pilpres, kita prediksi angkanya sulit karena belum declare. Jika sudah declare dan melakukan langkah kongkret bisa jadi naik dalam konteks Jatim. Kalau berhasrat jangan sampai terlambat, daripada ketinggalan kereta,” katanya.

“Kalau di Pilgub, dari data bisa dibaca bagaimanapun per hari ini kalau Khofifah Emil berpasangan dalam hitungan sederhana melihat elektabilitas keduanya digabung memang tertinggi. Bahwa komposisi Khofifah-Emil paling potensial, iya. Tapi hasil pilpres juga sangat menentukan pilgub ini,” katanya lagi.

Survei SSC dilakukan pada 25 Juli-3 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota Jawa Timur. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan metode pengambilan multistage random sampling.

Survei SSC memiliki margin of error sebesar -+ 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007.

Kontributor : Yuliharto Simon Christian Yeremia