Khofifah-Emil Masih yang Terkuat di Pilgub Jatim – Berita Jatim

by
Khofifah-Emil Masih yang Terkuat di Pilgub Jatim

Pahami.id – Kontes pemilihan gubernur masih satu tahun lagi. Namun, beberapa nama calon Gubernur Jatim perlahan mulai bermunculan. Salah satunya adalah Khofifah Indar Parawansa.

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mencatat simulasi Pilgub 2024. Alhasil, nama Menteri Sosial RI periode 2014-2018 masih sangat kuat di Jawa Timur.

Elektabilitas Khofifah sebagai calon gubernur Jatim masih unggul dan unggul jauh dibandingkan nama-nama lain, kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Kamis (2/11/2023).

Kata dia, elektabilitas Khofifah sebagai calon gubernur sebesar 35,6 persen. Disusul wakilnya saat ini Emil Elestianto Dardak dengan 19,4 persen, dan Achmad Fauzi Wongsojudo dengan 17,3 persen.

Berikutnya ada nama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi 5,7 persen, Sarmuji 5,3 persen, Anwar Sadad 4,4 persen, Gus Ipul 4,3 persen, Gus Halim 3,2 persen, dan Heru Tjahjono 2,7 persen.

Berdasarkan angka-angka tersebut, dia menyimpulkan peluang Khofifah memenangkan Pilgub 2024 terbuka lebar.

Ia memperkirakan elektabilitas KHofifah akan semakin meningkat ketika ia mendeklarasikan diri kembali mencalonkan diri pada Pilgub 2024.

Pasca Khofifah hampir dipastikan tidak akan maju di Pilpres 2024, tentunya peluang Pilgub Jatim saat ini adalah kembali maju di periode kedua. Peluang Khofifah kembali menang di Pilgub Jatim 2024 adalah sangat besar, belum lagi tingkat kepuasan masyarakat Jatim sangat tinggi,” jelasnya.

Baihaki menyinggung soal calon gubernur Khofifah yang paling potensial di Pilgub Jatim 2024. Berdasarkan survei angka elektabilitas, Emil Dardak menjadi sosok paling potensial mendampingi Khofifah. Artinya akan ada Khofifah-Emil jilid II.

Elektabilitas Emil sebagai calon wakil gubernur Jatim sebesar 35,2 persen. Tertinggal jauh dari nama-nama lain. Jika Khofifah-Emil kembali berpasangan, maka peluang mereka memenangkan Pilgub Jatim 2024 sangat besar. belum ada nama lain yang bersaing hingga saat ini,” imbuhnya.

Tingkat kepuasan masyarakat Jatim terhadap kinerja Khofifah dan Emil selama hampir 5 tahun memimpin Jatim juga sangat besar. “82,1 persen warga Jatim puas dengan kinerja Khofifah. Dan 81,7 persen warga Jatim puas dengan kinerja Emil,” tegasnya.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia