Khofifah Ajak ASN Pemprov Jatim Bangun Mutual Understanding – Berita Jatim

by
Khofifah Ajak ASN Pemprov Jatim Bangun Mutual Understanding

Pahami.id – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengajak aparatur Pemprov Jatim, baik ASN maupun non-ASN di wilayah kerja Bakorwil V Jember untuk membangun saling pengertian, saling percaya dan saling menghormati. Hal ini penting, agar kekompakan dan kekompakan antar ASN dapat diperkuat, sehingga dapat meningkatkan kinerja pembangunan dan pelayanan publik.

“Kalau saling pengertian dibangun, tidak mudah salah paham satu sama lain. Setelah itu akan terbangun rasa saling percaya agar tidak mudah berprasangka buruk satu sama lain. Pada akhirnya dibangun rasa saling menghargai agar saling menghargai satu sama lain,” ujar Khofifah dalam acara Pembinaan SDM ASN dan Non ASN di Bakorwil Jember Wilayah Kerja V Kabupaten Jember, Sabtu (19/8/2023).

“Ketika rasa saling menghargai sudah terbangun, jika ada kinerja atau proses yang kurang maksimal maka yang lain juga akan memperbaikinya. Sehingga kekompakan, kekompakan, kinerja kita juga akan meningkat seiring dengan semangat optimis Jawa Timur Bangkit, CETTAR, dan bangun semangat IKI (inisiatif, kolaborasi dan inovasi),” lanjutnya.

Khofifah mengatakan, peningkatan kualitas SDM ASN rutin dilakukan Pemprov Jatim. Karena ini merupakan bagian penting dari upaya mewujudkan proses Reformasi Birokrasi yang efektif dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efektif.

“Saya berharap pertemuan penyatuan seperti hari ini dapat mendekatkan kita semua untuk mengetahui bahwa kita adalah saudara,” ujarnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga berharap agar dedikasi, kinerja dan produktivitas ASN di Provinsi Jawa Timur, khususnya yang ada di Bakorwil Jember dapat terus ditingkatkan. Sehingga kepercayaan masyarakat atau public trust kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga akan meningkat.

Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2023. Saat ini kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia meningkat signifikan.

“Artinya kerja kita harus meningkat, kerja kita harus lebih bertanggung jawab, dan kita harus bisa menyelesaikan masalah dengan cepat atau cepat bereaksi,” ujarnya.

Khofifah kemudian mengutip apa yang disampaikan oleh Imam Al Ghazali yang mengutamakan kepemimpinan. Imam Al Ghazali mengatakan, pemimpin yang baik adalah ketika dia membelanjakan anggarannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

“Pemimpin ini di perguruan tinggi dan Gubernur mendalangi karena semua instrumen bergerak, Sekretaris bergerak, Ketua OPD bergerak, semuanya bergerak, lalu apa yang diatur bunyinya. Ini adalah simfoni pembangunan yang harus ditata agar ritme berjalan beriringan,” ujarnya.

Terakhir, kepada para guru, kepala sekolah dan juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Khofifah berpesan untuk bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai upaya mencetak generasi emas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kalianlah yang akan melahirkan elang emas, generasi emas yang akan terbang tinggi mengumpulkan Emas Indonesia di tahun 2045. Artinya, di tahun 2045 kalian akan melihat bupati, gubernur, menteri yang ternyata adalah anak-anak terpelajar dari tanah Majapahit. Jawa Timur,” ujarnya.

Menyerahkan Penghargaan ASN Berprestasi

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan kepada ASN Pencapaia di Wilayah Kerja Bakorwil V Jember.

Diantaranya untuk Penggerak SMK Manunggal Desa yaitu Kepala SMKN 1 Klabang Bondowoso, Inspirator Kerukunan Umat Beragama dan Modernisasi Agama di Satuan Pendidikan di Kab. Bondowoso. Kemudian ‘Holistic Learning Environments For Innovative Teaching and Learning’ dalam KOLABORASI SEKOLAH KELAS EROPA ASIA FOUNDATION dimenangkan oleh Kepala SMAN 1 Situbondo, ASN Terinovatif RS Paru Jember, dan Teknisi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana RS Jember.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyalurkan sejumlah zakat produktif kepada 100 pengusaha ultra mikro di wilayah Jember.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah secara pribadi menyerahkan hadiah kepada para pemenang “Surprise Photography Contest” sebagai bagian dari peringatan Hari Fotografi Dunia.

Dan masih di HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Khofifah juga mengajak seluruh ASN yang hadir untuk menyanyikan lagu Bendera yang dipopulerkan oleh band Coklat, sambil mengibarkan Bendera Merah Putih.

Usai upacara, ia juga sempat meninjau stand pameran produk unggulan UPT Pemprov Jatim di Wilayah Kerja Bakorwil V Jember. Antara lain stand RS Paru Jember, UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jember, Cabang Dinas Kehutanan Jember, UPG PT-HMT Jember, UPT PSMB-LT Jember dan UPT Perikanan di Wilayah Kerja Jember.

Turut hadir Sekda Jatim Adhy Karyono, Kepala Bakorwil Jember, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, dan 745 ASN Aparatur Daerah, Rumah Sakit, UPT, Cabang Pelayanan dan Satuan Pendidikan serta pejabat BUMD Jatim Pemerintah Provinsi. di wilayah kerja Bakorwil V Jember.