Keren Banget, Bank Mandiri Kembali Cari Bibit Pengusaha Sukses Lewat Wirausaha Muda Mandiri 2023 – Berita Jatim

by
Keren Banget, Bank Mandiri Kembali Cari Bibit Pengusaha Sukses Lewat Wirausaha Muda Mandiri 2023

Pahami.id – Digelar secara konsisten sejak tahun 2007, Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi bisnis anak muda terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023. Acara ini merupakan wujud nyata Bank Mandiri dalam menggali potensi wirausaha muda tanah air.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Teuku Ali Usman menjelaskan, memasuki usianya yang ke-16, Bank Mandiri berharap WMM 2023 dapat mengobarkan semangat wirausaha muda Indonesia untuk berinovasi dan mendorong kreativitas guna menciptakan perekonomian Indonesia yang berkelanjutan.

“WMM merupakan kepanjangan tangan bagi kami, untuk mendukung tumbuhnya wirausaha muda Indonesia dan merupakan bagian dari aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bank Mandiri yang kami yakini berdampak besar bagi masyarakat,” jelas Ali dalam keterangan resminya, Jumat ( 12/1/2024).

Ali menjelaskan, sejak pendaftaran dibuka pada 27 September 2023, WMM kali ini berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan berbagai jenis dan kategori usaha. Melalui program penjurian dan eliminasi yang telah dilaksanakan, kini para peserta WMM 2023 yang akan memperebutkan gelar Juara telah masuk dalam babak Top 20 Existing Business dan Top 4 Business Plan Finalist.

WMM 2023 dibagi menjadi 4 kategori bisnis yaitu Kategori Katering, Sosial, Teknologi dan Kreatif.

“Selanjutnya 24 peserta terpilih akan mengikuti tahap evaluasi yang dilaksanakan di Surabaya selama seminggu pada tanggal 14 hingga 19 Januari 2024,” jelas Ali.

Tak hanya berkompetisi, seluruh finalis akan diberikan pelatihan komprehensif oleh para ahli dan pimpinan perusahaan secara eksklusif. Antara lain mengikuti pembinaan nasional yang akan dihadiri oleh Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Bank Mandiri Agus Dwi Handaya serta Chief Executive Officer dan Influencer Geprek Bensu Jordi Onsu.

Selain itu, para finalis WMM 2023 juga akan dibekali ilmu secara langsung dengan mengunjungi salah satu pabrik milik nasabah Bank Mandiri dan pegiat usaha UMKM terkemuka di Surabaya.

“Kami tidak ingin WMM hanya sekedar ajang kompetisi, namun menjadi wadah pembelajaran utuh bagi seluruh peserta, untuk membekali mereka dalam pengembangan bisnis ke depan,” jelas Ali.

Ali menambahkan, khusus pada WMM 2023, 20 finalis Top 20 Existing Business akan saling unjuk gigi pada Pameran WMM pada 18 – 20 Januari 2024 di Tunjungan Plaza 3 Surabaya. Melalui Pameran WMM 2023, para finalis memamerkan produknya kepada seluruh pengunjung Plaza Tunjungan.

“Yang unik dari Pameran WMM 2023 adalah 20 finalis harus mampu menarik pengunjung dengan menampilkan produk unggulan masing-masing atau karya konsep pop-up. “Ini merupakan kesempatan yang baik dan strategis bagi para finalis untuk mempromosikan keunggulan usahanya secara langsung kepada pengunjung,” imbuhnya.

Kemudian babak final dan pemberian penghargaan akan dilakukan pada Jumat, 19 Januari 2024. Para finalis akan diuji langsung oleh dewan juri yang terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, CEO USS Network Sayeed Muhammad, CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

“Kami berharap WMM tahun ini menjadi langkah penting dalam membantu tumbuhnya ekosistem wirausaha di Indonesia dan melahirkan generasi wirausaha muda yang berkualitas dan berdaya saing,” pungkas Ali.