Keluarkan Gumpalan Darah, Ida Dayak Berhasil Sembuhkan Ashanty – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Viral video yang diriwayatkan oleh Ida Dayak, seorang ahli pengobatan alternatif, berhasil menyembuhkan Ashanty.

Video itu diunggah akun YouTube Seleb Berita pada 17 April 2023. Berjudul Tak Sembuh dari Penyakitnya, Ashanty Mengobati Ibunda Ibu Dayak. (Sumber video: https://www.youtube.com/watch?v=VfZ_rlEfMOc)

Trik Ida Dayak menyembuhkan Ashanty.

Dalam riwayat disebutkan bahwa selama proses pengobatan, Ida Dayak menemukan sesuatu yang tidak biasa pada Ashanty berupa gumpalan darah yang akhirnya berhasil dikeluarkannya. Setelah mendapat perawatan dari Puan Ida Dayak, Ashanty mengaku kembali sehat dan segar.

Jadi, apakah klaim video itu benar?

Penjelasan

Dari hasil pemeriksaan Turnbackhoax.id, tidak ada laporan resmi terkait klaim tersebut seperti yang tertera di unggahan tersebut. Selain itu, foto-foto yang digunakan dalam video diedit dari beberapa sumber berbeda.

Foto pertama yang memperlihatkan Ida Dayak merawat Ashanty sebenarnya diambil dari kanal YouTube Cumicumi (https://www.youtube.com/@cumicumicom). Dari video asli yang diunggah pada 15 Juni 2016, diketahui Ashanty dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam tinggi saat hamil 5 bulan.

Ada juga foto yang memperlihatkan Ida Dayak, Ashanty dan Aurel di rumah sakit. Dalam riwayat disebutkan bahwa Ida Dayak berhasil menyembuhkan Ashanty.

Namun sebenarnya, foto tersebut diambil dari unggahan di kanal YouTube keluarga Anang Hermansyah (https://www.youtube.com/@TheHermansyahA6world) yang diunggah pada 9 Februari 2023. Dalam video aslinya, terlihat Ashanty terbaring di ranjang rumah sakit ditemani kedua putrinya yakni Aurel dan Arsy.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim bahwa Ida Dayak berhasil menyembuhkan Ashanty Hermansyah adalah palsu atau penipuan. Ini termasuk konten yang dimanipulasi.