Kasus Terheboh Sepanjang 2023, Video Syur hingga Penganiayaan Berujung Koma – Berita Hiburan

by

Pahami.id – 2023 akan berakhir. Sepanjang tahun banyak kasus telah terjadi dan kami telah menulisnya di saluran Hiburan

Kasus-kasus tersebut mulai dari video menarik, pelecehan, pelecehan seksual hingga perselingkuhan.

Skandal video menarik menimpa Rebecca Klopper. Sementara Venna Melinda dan David Ozora mengalami penganiayaan.

Tak ketinggalan, pelecehan seksual juga terjadi pada kontes Miss Universe Indonesia (MUID) 2023.

Ingin tahu lebih banyak tentang rangkaian kasus terpanas tahun 2023? Simak ulasan berikut ini:

1. Venna Melinda

Venna Melinda menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT dari Ferry Irawan. Peristiwa ini terjadi di sebuah hotel di kawasan Kediri, Jawa Timur, pada 8 Januari 2023.

Venna Melinda mengembalikan barang milik Ferry Irawan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023). [Adiyoga Priyambodo/Pahami.id]

Foto wajah Venna Melinda dengan hidung berdarah menjadi bukti yang viral. Atas kejadian tersebut, Ferry Irawan telah dilaporkan ke Polda Jatim.

Ferry Irawan kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga. Dia dipenjara dan dibebaskan setelah menjalani hukuman sekitar 7 bulan.

2. David Ozora

David Ozora dianiaya oleh Mario Dandy, putra mantan pejabat pajak. Peristiwa itu terjadi di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 20 Februari 2023.

Terdakwa kasus penyerangan David Ozora, Mario Dandy, saat sidang hukuman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). [Pahami.id/Alfian Winanto]
Terdakwa kasus penyerangan David Ozora, Mario Dandy, saat sidang hukuman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). [Pahami.id/Alfian Winanto]

Mario Dandy menyuruh David Ozora melakukan push-up, penebusan dosa ala militer. Ia kemudian menendang dan menginjak David Ozora hingga remaja tersebut tak sadarkan diri.

“Anak saya sudah tiga hari kejang, tidak bisa berkomunikasi, koma dan sekarang levelnya di level terendah,” kata ayah David Ozora, Jonathan Latumahina di channel YouTube Deddy Corbuzier, Juni 2023.

Mario Dandy Satriyo divonis 12 tahun penjara dan menuntut David Ozora dengan restitusi Rp 120 miliar. Jika tidak mampu, hukumannya akan bertambah menjadi 7 tahun.

3. Pierre Grunot

Pierre Gruno usai keluar dari penjara di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023). [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]
Pierre Gruno usai keluar dari penjara di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023). [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Aktor senior Pierre Gruno dilaporkan sebagai pria berinisial GD di Polres Metro Jakarta Selatan pada Sabtu (1/7/2023). Kasus yang dimaksud terkait penganiayaan yang terjadi di bar hotel Cilandak, Jakarta Selatan.

Dari pernyataan sang jurnalis, Pierre Gruno tak terima bersikap sinis. Hingga akhirnya ia memberikan pukulan telak kepada Giri Budisetiawan, pria berusia 63 tahun.

Pierre Gruno dipenjara kurang dari sebulan di Polres Metro Jakarta Selatan. Beruntungnya, korban akhirnya memilih damai dari kasus penganiayaan tersebut.

4.Ayu Aulia

Ayu Aulia kembali menghadapi kasus hukum untuk kesekian kalinya. Kali ini, ia dilaporkan tunangannya, Abhinaya, ke Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 6 September 2023. Kasus tersebut terkait dugaan penganiayaan dan perusakan.

Ayu Aulia usai diperiksa terkait dua laporan terhadap Gege Fransiska di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023). [Pahami.id/Yoga]
Ayu Aulia usai diperiksa terkait dua laporan terhadap Gege Fransiska di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023). [Pahami.id/Yoga]

“Saya diserang, secara fisik. (Luka) di tangan, leher, punggung, baju saya juga robek,” kata Abhinaya saat ditemui di Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

Kasus dugaan penganiayaan ini belakangan menjadi tidak jelas. Sebab di saat yang sama, Ayu Aulia juga dituding sebagai pelaku.

5. Vadel Badjideh

Vadel Badjideh, penari yang namanya tenar karena berkencan dengan putri Nikita Mirzani, Lolly, terlibat kasus pencabulan pada Oktober 2023.

Biografi Lengkap dan Agama Vadel Badjideh (Instagram/@vadelbadjideh)
Biografi Lengkap dan Agama Vadel Badjideh (Instagram/@vadelbadjideh)

Permasalahan bermula saat Vadel Badjideh dan dua orang lainnya berada di Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Anggota TNI, Pelda Alex Edison kemudian memarahi pacar Lolly karena keras kepala di jalan.

Tak terima dengan teguran tersebut, Vadel Badjideh dan seorang lainnya menyerang Alex yang merupakan anggota TNI. Setelah dua minggu dipenjara, pria tersebut akhirnya bebas karena Alex mencabut laporannya.

6.Leon Dozan

Aktor muda Leon Dozan juga berperan bak pahlawan. Pacarnya, Rinoa Aurora, melaporkannya ke Polres Metro Jakarta Pusat karena penganiayaan.

Leon Dozan dan Rinoa Aurora [Pahami.id/Rena Pangesti]
Leon Dozan dan Rinoa Aurora [Pahami.id/Rena Pangesti]

Peristiwa itu terjadi pada Oktober 2023, di mana awalnya pasangan ini terlibat adu mulut. Hingga akhirnya Leon Dozan dikabarkan menarik gaun Rinoa Aurora hingga robek.

Selain cacian, Leon Dozan juga melontarkan hal-hal tidak pantas kepada institusi kepolisian.

“Oh mau lapor polisi? Supaya aku bisa masuk penjara? Enggak apa-apa, nggak usah takut. Polisinya konyol, polisinya kasar,” kata Leon Dozan.

Leon Dozan dipenjara kurang dari sebulan. Dia akhirnya dibebaskan setelah Rinoa Aurora mencabut laporannya.

7. Rebecca Klopper

Terlepas dari kasus pelecehan yang terjadi, skandal video menarik mirip Rebecca Klopper akan menjadi salah satu permasalahan paling mengerikan sepanjang tahun 2023.

Rebecca Klopper di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11/2023) sore. [Pahami.id/Tiara Rosana]
Rebecca Klopper di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11/2023) sore. [Pahami.id/Tiara Rosana]

Video menarik berdurasi 47 detik mirip Rebecca Klopper viral di media sosial sejak Senin pagi (22/5/2023). Dalam video tersebut, terlihat sang wanita sedang tidur telentang sambil memasukkan penis sang pria ke dalam mulutnya.

Video menarik seperti yang dilakukan Rebecca Klopper tidak hanya terjadi sekali saja. Ada dua video lagi yang muncul dengan durasi hampir 2 menit dan 11 menit.

Rebecca Klopper tidak tinggal diam. Dia meminta maaf dan kemudian melaporkan orang yang membagikan video menarik tersebut ke polisi.

Terungkap, sosok Bayu Firlen yang menyebarkan salah satu video menarik tersebut mirip Rebecca Klopper. Ia kemudian divonis 4 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar.

8. Ruben Onsu

Keluarga Ruben Onsu pun menjadi korban fitnah sejumlah orang. Hal ini menyusul dugaan kedekatan Sarwendah dengan anak angkatnya, Betrand Putra Onsu yang dinilai luar biasa.

Ruben Onsu (Instagram/@ruben_onsu)
Ruben Onsu (Instagram/@ruben_onsu)

Ruben Onsu kemudian melaporkan beberapa akun media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Twitter terkait dugaan pencemaran nama baik. Ia tak terima jika keluarganya diganggu oleh orang asing.

9. Nona Alam Semesta

N, finalis Miss Universe Indonesia 2023, melapor ke Polda Metro Jaya pada Agustus 2023. Kasus tersebut melibatkan dugaan pelecehan seksual dengan pemeriksaan tubuh atau pemeriksaan tubuh telanjang.

Konferensi Media Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram/@missuniverse_id)
Konferensi Media Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram/@missuniverse_id)

Dalam kasus ini, polisi menetapkan tersangka bernama Andaria Sarah Dewia alias ADS. Sarah yang merupakan COO MUID 2023 berperan melakukan pemeriksaan tubuh dan memotret para finalis acara bugil tersebut.

10. Inara Rusli vs Virgoun vs Tenri Ajeng

Kembali ke urusan rumah tangga, tertulis nama Inara Rusli. Wanita berhijab ini mengungkap perselingkuhan Virgoun di media sosial, April 2023.

Inara Rusli di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023) [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]
Inara Rusli di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023) [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Nama Tenri Ajeng Anisa pun kemudian terseret ke dalam sosok yang disebut sebagai simpanan Virgoun. Namun dari keterangan wanita tersebut, dia membantah sebagai pelaku.

Tindakan saling lapor terjadi antara ketiga orang tersebut. Inara Rusli melaporkan Virgoun atas dugaan pembangkangan.

Di sisi lain, Virgoun melaporkan Inara Rusli atas dugaan akses ilegal. Sementara Tenri Ajeng Anisa melaporkan Inara Rusli dan Virgoun karena diduga fitnah.

11. Verny Hasan vs Denny Sumargo

Kasus lama Verny Hasan dan Denny Sumargo terkait tes DNA kembali mengemuka. Meski permasalahan ini sudah selesai pada tahun 2019, namun alhasil sang aktor bukanlah ayah kandung dari anak Verny Hasan.

Biodata dan Agama Verny Hasan (Instagram/@vernyhasan_)
Biodata dan Agama Verny Hasan (Instagram/@vernyhasan_)

Namun Verny Hasan tampak tak terima dengan hasilnya dan mengunggah postingan pada Agustus 2023. Isinya, “Ayo tes DNA dua kali, biar lebih mengejutkan.”

Setelah isu tersebut menjadi perhatian Denny Sumargo, Verny Hasan beralasan unggahan tersebut tidak diperuntukkan bagi bintang film 5 CM tersebut.

Meski begitu, Denny Sumargo tetap membawa persoalan tersebut ke jalur hukum. Dia melaporkan Verny Hasan atas dugaan pencemaran nama baik.

12. Dewi Perssik vs Saipul Jamil

Masalah lama juga terjadi pada Dewi Perssik vs Saipul Jamil. Mantan suami istri yang semula mesra tiba-tiba menjadi bermusuhan.

Dewi Persik [Instagram/@dewiperssik9]
Dewi Persik [Instagram/@dewiperssik9]

Bermula saat Saipul Jamil mengomentari kasus pengorbanan Dewi Perssik dengan RT di rumahnya. Pemilik Gergaji Goyang yang tidak terima itu malah balik menyindir mantan suaminya.

Dewi Perssik mengunggah video lama Saipul Jamil dalam kasus kekerasan seksual pada tahun 2016. Pelantun pedangdut itu kemudian menolaknya dan membeberkan sikap kasar mantan istrinya.

“Aku ditampar, wajahku ditendang!” kata Saipul Jamil dalam jumpa pers di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023).

Masalah ini kemudian mengarah ke polisi. Saipul Jamil melaporkan Dewi Perssik karena diduga memfitnah Polda Metro Jaya, Agustus 2023.

13. Ipay v.Ian Kasala

Masih dengan masalah yang terjadi beberapa tahun lalu. Ian Kasela digugat Rp 20 miliar oleh Ipay, pria yang mengaku pencipta lagu Cinderella.

Ian Casala [Instagram]
Ian Casala [Instagram]

“Nyanyikan lagunya dan tulis juga nama Ian Kasela – Ipay, di kaset CD selaku pencipta lagu tersebut. Klien kami bukanlah satu-satunya pencipta lagu tersebut,” demikian bunyi somasi kepada Ian Kasela yang beredar di kalangan awak media. , Kamis (27/7/2023).

Tak terima, Ian Kasala melaporkan Ipay ke Polda Metro Jaya. Terlapor pun kembali ke Polsek Radja terkait permasalahan tersebut.

14. Tamara Bleszynski

Tamara Bleszynski pun harus menghadapi masalah dengan sang kakak, Ryszard Bleszynski. Artis tersebut digugat sebesar Rp 34 miliar sebagai pengganti biaya pengobatan ayahnya 21 tahun lalu.

Tamara Bleszynski bersama putranya, Kenzou. [Instagram]
Tamara Bleszynski bersama putranya, Kenzou. [Instagram]

Tamara Bleszynski yang merasa tertekan akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya, gugatan adiknya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditolak.

Putusan tersebut diumumkan melalui sistem e-court, Selasa (24/10/2023). Dalam putusannya, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan gugatan wanprestasi Ryszard Bleszynski senilai Rp34 miliar terhadap Tamara Bleszynski tidak dapat diterima.

15. Yadi Sembako dan Gus Anom

Kasus serupa juga terjadi pada Yadi Sembako dan Gus Anom. Kedua orang ini dilaporkan melakukan penipuan dan/atau penggelapan.

Persoalan bermula saat Yadi Sembako yang ditunjuk Gus Anom sebagai Direktur PT Gudang Artis hendak menggelar sebuah acara.

Yadi Sembako ditemukan usai menjalani pemeriksaan di Polres Metro Tangsel pada Rabu (11/10/2023). [Rena Pangesti/Pahami.id]
Yadi Sembako ditemukan usai menjalani pemeriksaan di Polres Metro Tangsel pada Rabu (11/10/2023). [Rena Pangesti/Pahami.id]

Mereka kemudian mengundang Muhammad Adri Permana sebagai EO pada pelepasan perusahaan manajemen artis pada Agustus 2023. Meski EO sudah membayar Rp 198 juta ke beberapa vendor, namun uang tersebut belum dikembalikan oleh Yadi Sembako atau Gus Anom.