Profil Sydney van Hooijdonk, Striker Bologna yang Dirumorkan Siap Bela Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar mengejutkan datang dari striker Bologna Sydney van Hooijdonk yang disebut-sebut akan memperkuat timnas Indonesia.

Kabar tersebut didapat setelah Staf Ahli Kemenpora RI, Hamdan Hamedan menyebut ada pemain keturunan Grade A yang siap memperkuat Timnas Indonesia.

Meski sosok yang membantu proses naturalisasi Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh tidak mengungkap namanya, namun media sosial ramai dengan spekulasi.

“Tapi ada pemain Grade A yang saya sebutkan. Dia bermain di salah satu klub terbaik dunia. Saya akan tunjukkan pesan WhatsApp-nya (nanti di kesempatan lain). Dia ingin membela Indonesia,” kata Hamdan di PSSI. Tekan Bicara Paruh Waktu.

Jadi bukan berarti pemain yang ingin membela timnas Indonesia, pemain yang tidak berprestasi di negaranya, saya punya buktinya, tambah Hamdan.

Salah satu nama yang disebut-sebut menjadi spekulasi adalah Sydney van Hooijdonk. Lantas, siapa sebenarnya pemain tersebut?

Profil Sydney van Hooijdonk

Sydney van Hooijdonk merupakan pemain sepak bola kelahiran Breda, Belanda, pada tanggal 6 Februari 2000. Ia merupakan putra dari legenda sepak bola Belanda, Pierre Van Hooijdonk.

Pierre van Hooijdonk diketahui memiliki darah Indonesia yang berasal dari Maluku. Dengan begitu, otomatis Sydney van Hooijdonk juga mewarisi darah Indonesia.

Dengan begitu, Sydney van Hooijdonk layak memperkuat Timnas Indonesia lewat naturalisasi.

Lahir di Breda, Hooijdonk bermain untuk akademi NAC Breda hingga melakukan debut profesionalnya di tim utama pada Oktober 2018.

Di musim pertamanya bersama NAC Breda, Hooijdonk harus rela melihat timnya terdegradasi ke Liga 2 Belanda (Eerste Divisie).

Meski begitu, Hooijdonk masih mampu menunjukkan ketajamannya. Pada musim 2020/21, ia tampil impresif dengan mencetak 16 gol dari 31 penampilan di Eerste Divisie.

Catatan tersebut pun membuat Bologna merekrutnya untuk musim 2021/22. Namun, ia kesulitan mendapatkan tempat dan dipinjamkan ke Heerenveen setelah memainkan 4 pertandingan di Serie A 2021/22.

Bersama Heerenveen, Sydney van Hooijdonk kembali menemukan ketajamannya dengan mencetak 6 gol di musim 2021/22 dan 19 gol sepanjang musim 2022/23.

Bologna kemudian memanggilnya pulang pada musim 2023/24. Sejauh musim ini, Sydney van Hooijdonk hanya mencetak satu gol dalam 9 pertandingan di semua kompetisi.

Sementara Hooijdonk tercatat pernah memperkuat Timnas Belanda U-21 dalam dua laga persahabatan.

Kontributor: Aditia Rizki