Joshua Suherman Ungkap Sisi Kelam Industri Penyanyi Cilik, Ada yang Sampai Diancam Orangtua – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Joshua Suherman mengenang masa jayanya sebagai penyanyi cilik. Meski sudah harus bekerja di usia yang belum semestinya, ia sama sekali tidak merasa terbebani.

“Gue sih ngerasanya nggak,” ungkap Joshua Suherman di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Sabtu (5/8/2023).

Joshua Suherman senang menjalani rutinitasnya karena memang suka tampil di depan publik. Dia bahkan tidak melihat kesibukannya di masa kecil sebagai bentuk kewajiban.

“Mungkin karena dari kecil gue memang banci tampil. Jadi tidak ada perasaan, ‘Wah, aku bekerja, aku dieksploitasi’. Memang suka jadi pusat perhatian dan bikin orang seneng,” terang Joshua Suherman.

Hanya saja, tidak semua penyanyi cilik punya pandangan seperti Joshua Suherman. Banyak penyanyi cilik yang menurut cerita Joshua Suherman cuma jadi alat pemuas obsesi orang tua mereka.

“Banyak temen-temen seperjuangan dulu yang ngerasa dia tidak pengin sebetulnya, tapi karena obsesi orang tua,” papar Joshua Suherman.

Salah satu contoh nyata terjadi di salah satu konser Joshua Suherman. Ia mendapati seorang penyanyi cilik rewel sebelum naik panggung.

“Gue pernah mau manggung, terus semacam kayak ada opener-nya gitu, penyanyi cilik juga. Kayaknya ini anak emang nggak pengin nyanyi,” kisah Joshua Suherman.

Joshua Suherman kemudian mendengar sendiri bagaimana sang penyanyi cilik diancam oleh ibunya bila tetap tak mau naik panggung.

“Jadi dia emang nggak pengin nyanyi, terus mamanya bilang, ‘Kamu kalau nggak mau nyanyi, kucing kamu mama siram air panas’,” beber Joshua Suherman.

Sang penyanyi cilik akhirnya mau tidak mau memenuhi tuntutan naik panggung dengan tekanan luar biasa. Masih ingat betul dalam pikiran Joshua Suherman bagaimana yang bersangkutan menahan tangis selama bernyanyi.

“Dia akhirnya melakukan itu daripada kucing gue disiram air panas. Makanya dia nyanyi, tapi dengan mata sembab gitu,” kenang Joshua Suherman.

Sayang, Joshua Suherman tidak menyebutkan identitas penyanyi cilik yang dimaksud. Ia cuma ingat ciri-ciri fisik dari sosok tersebut.

“Cewek itu,” tutup Joshua Suherman.