Jangan Cuma Fokus Pilpres 2024, Perludem Ingatkan Masyakat Soal Hal Ini – Berita Jatim

by
Doa Memilih Pemimpin yang Baik, Dianjurkan Diamalkan di Malam Jumat

Pahami.id – Jelang pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, masyarakat dinilai lebih fokus pada Pilpres atau Pilpres 2024.

Seperti diketahui, Pilpres 2024 diramaikan oleh tiga pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD (Ganjar-Mahfud).

Selain menggelar Pilpres 2024, Pilpres tahun ini juga akan digelar Pemilu Legislatif mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten hingga DPD.

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Pembinaan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati alias Ninis meminta masyarakat tidak hanya fokus pada Pilpres 2024 saja.

Sebab, pada pemilu 2024 nanti juga akan ada pemilihan anggota legislatif mulai dari tingkat nasional, kabupaten, daerah, dan kota.

Yang masih menjadi perhatian masyarakat adalah Pilpres, padahal pemilu 2024 bukan hanya soal Pilpres, kata Ninis, dikutip dari ANTARA, Selasa (2/1/2023).

Ninis mengatakan masyarakat perlu menyadari bahwa anggota lembaga peradilan terpilih memiliki peran penting dalam mengawasi kebijakan pemerintah, mengusulkan undang-undang, dan mengawasi kemajuan pemerintah.

Oleh karena itu, Ninis meminta perhatian masyarakat terhadap pemilihan calon legislatif harus diimbangi dengan perhatian terhadap pemilihan presiden.

“Masyarakat juga perlu memperhatikan empat jenis pemilu lainnya (pemilihan anggota legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD-red),” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 akan diikuti oleh 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Lalu, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Sabit (PBB).

Selanjutnya Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu 2024 juga akan diikuti oleh enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Atjeh Beusaboh Tha’at dan Generasi Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Adil Sejahtera Aceh. Partai Persatuan Kemerdekaan Rakyat Aceh.

Sebelumnya, KPU telah menerima pendaftaran tiga calon presiden-wakil presiden yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN), Ganjar Pranowo – Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran). .

Masa kampanye pemilu ditetapkan dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara pemilu 2024 akan digelar serentak untuk memilih calon legislatif serta presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024. (DI ANTARA)