Jadwal Sholat dan Buka Puasa Wilayah Surabaya, Kamis 13 April 2023 – Berita Jatim

by
Cek Jadwal Sholat dan Buka Puasa Surabaya, Jumat 7 April 2023

Pahami.id – Berikut jadwal sholat dan buka puasa jawa timur kota surabaya dan sekitarnya kamis 13 april 2023. Jadwal sholat dan buka puasa jawa timur wilayah surabaya diambil dari website bimasislam.kemenag.go. pengenal.

Lalu apa itu buka puasa? Buka puasa terjadi saat matahari terbenam atau tepatnya saat azan maghrib terdengar. Dan ketahuilah, bersegera berbuka puasa (ta’jîl al-fithr) ketika Anda yakin bahwa waktu berbuka puasa (waktu maghrib) sangat dianjurkan.

Kemudian berbuka puasa sebelum sholat Maghrib dengan makanan manis. Sebelum berbuka puasa, mulailah terlebih dahulu dengan membaca basmalah yaitu Bismillâhir rahmânir rahîm secara lengkap atau sederhananya bismilâh, karena merupakan amal saleh.

Makan dan minum secukupnya, tidak berlebihan atau berlebihan (isrâf) apalagi menimbulkan rasa kenyang, serta tidak menyisakan makanan dan minuman yang menimbulkan tabdzir (mubadzir). Hal ini berdasarkan surat Al-A’râf (7): 31, dan surat al-Isrâ’ (17): 26-27. 10.

Jadwal Sholat Provinsi Jawa Timur Kamis 13 April 2023 dapat dicek di link website: https://bimasislam.kemenag.go.id/scheduleshalat. Sedangkan jadwal sholat untuk wilayah surabaya adalah sebagai berikut :

ZUHUR pukul 11:33 WIB
ASAR pada pukul 14:51 WIB
MAGRIB pada pukul 17:32 WIB
ISYA’ pada pukul 18:41 WIB

Jadwal buka puasa di wilayah Surabaya, Kamis 13 April 2023

Buka puasa pukul 17:32 WIB

Hukum Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah mencapai pubertas. Muslim akan bersaing untuk mendapatkan hadiah. Hal ini sebagaimana tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 183:

“Wahai orang-orang yang beriman, wajib atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Namun bagi orang yang sedang dalam perjalanan jauh, sakit, ibu hamil, haid, nifas atau menyusui, dapat meninggalkan kewajiban puasa di bulan Ramadhan namun harus menggantinya, sebagaimana tercantum dalam Al Baqarah 185.

Mengenai kewajiban puasa, para ulama sepakat bahwa ibadah ini sudah diketahui sejak awal, yaitu seseorang akan menjadi kafir jika melanggar kewajiban puasa di bulan Ramadhan.

Dan di bulan Ramadhan, umat Islam biasanya dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, baik yang wajib maupun yang sunnah. Misalnya, sholat lima waktu untuk fardhu dan praktik khitanan lainnya. Amalan sunat ini misalnya shalat sunat, bahkan termasuk sahur dan buka puasa.