Ira Wibowo Ceritakan Soal Kondisi Terakhir Sang Ayah Sebelum Meninggal Dunia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ayah Ari dan Ira Wibowo, Wibowo Wirjodiprodjo meninggal dunia pada Sabtu (14/10/2023). Penyebab pasti kematiannya masih belum diketahui.

“Papa tidak merasakan sakit yang serius atau apa pun. Ya, mungkin hanya karena faktor usia. Usianya sudah 94 tahun, jadi semakin hari semakin melemah,” kata Ira Wibowo usai upacara pemakaman, Minggu (15/10/2018). ). 2023).

Prosesi pemakaman ayah Ari dan Ira Wibowo, Wibowo Wirjodiprodjo di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (15/10/2023). [Pahami.id/ Adiyoga Priyambodo}

Meski begitu, Ira Wibowo sudah merasakan perbedaan dari sikap sang ayah di pagi hari sebelum meninggal dunia. Dikenal sebagai sosok enerjik, Wibowo Wirjodiprodjo saat itu tampak lesu.

“Biasanya dia semangat gitu, tapi ini dia cuma nunduk. Pas aku tawarin mau dibawain makanan apa, cuma geleng-geleng,” kisah Ira Wibowo.

Ira Wibowo awalnya menduga sang ayah rindu keluarganya berkumpul lagi. Ia langsung menghubungi ibunya serta Ari Wibowo untuk datang ke rumah tempat mereka tinggal di kawasan Bangka, Jakarta.

“Nggak berarti mikir papa mau pergi ya, kan kalau biasanya ada istri ada anaknya, dia mungkin bisa lebih semangat,” terang Ira Wibowo.

Ternyata, kedatangan Ari Wibowo dan sang ibu tidak mengubah apa pun. Wibowo Wirjodiprodjo tetap terlihat lesu, bahkan memilih tidur tak lama setelah semuanya berkumpul.

Prosesi pemakaman ayah Ari dan Ira Wibowo, Wibowo Wirjodiprodjo di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (15/10/2023). [Pahami.id/ Adiyoga Priyambodo}
Prosesi pemakaman ayah Ari dan Ira Wibowo, Wibowo Wirjodiprodjo di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (15/10/2023). [Pahami.id/ Adiyoga Priyambodo}

“Pas aku datang sama anak-anak, papa ya masih angkat jempol, senyum. Tapi nggak lama, papa lemes lagi, terus ke kamar, istirahat,” jelas Ari Wibowo.

Berpikir ayahnya sedang butuh istirahat, Ari Wibowo membawa anak-anak pergi dari rumah untuk melanjutkan aktivitas mereka. Sebelumnya, mereka bertiga memang sudah berencana makan siang bersama.

Namun menjelang malam hari ini, Ari Wibowo mendapat kabar dari Ira Wibowo bahwa ayah mereka tidak sadarkan diri setelah memutuskan tidur. Ira sendiri baru mengetahui hal itu saat ingin menemui ayahnya sepulang latihan tari.

“Udah nggak jelas gitu. Badannya masih anget, tapi udah nggak jelas. Nggak ada nafas dan nggak bereaksi,” papar Ira Wibowo.

Ari dan Ira Wibowo kemudian memutuskan memanggil dokter ke rumah untuk mengecek kondisi ayah mereka. Di momen itu lah, mereka baru mengetahui bahwa Wibowo Wirjodiprodjo sudah berpulang.

“Ya perginya dalam keadaan tenang tidurnya, tidak ada rasa sakit dan dikelilingi oleh orang-orang yang dia cintai,” ucap Ari Wibowo.

Jenazah ayah Ari dan Ira Wibowo sudah dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta. Prosesi digelar dengan upacara militer sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok veteran perang tersebut.