Ida Dayak Ternyata Keturunan Orang Terpenting Presiden Soekarno – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sosok Ida Dayak belakangan ini menjadi sorotan, karena kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit.

Kesaktian Ida Dayak dalam mengobati penderita stroke yang tulangnya bengkok konon berasal dari nenek moyangnya yang sakti.

Kabar ini terungkap melalui unggahan video di kanal YouTube Jurnal Informasi berjudul “Ibu Ida Dayak Ternyata Orang Penting Keturunan Presiden Soekarno” yang tayang pada 29 Maret 2023.

Menurut penuturan dalam video tersebut, Ida Dayak merupakan keturunan leluhur sakti yang diakui sebagai pahlawan di Indonesia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo pun mengakui bahwa silsilah keluarga Dayak Ida merupakan silsilah yang ajaib.

Ida Dayak [TikTok]

Penjelasan

Kemampuan Ida Dayak menyembuhkan berbagai penyakit dengan menggunakan minyak bintang kesayangannya telah diakui oleh para pasiennya.

Namun, informasi yang disajikan dalam video berdurasi 3 menit 45 detik itu belum cukup membuktikan bahwa perempuan berusia 51 tahun itu adalah keturunan orang terpenting Presiden Soekarno.

Padahal, foto Ida Dayak dan Presiden Jokowi yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan foto editan, sehingga terlihat seperti pernah bertemu.

Selama ini Ida Dayak dikenal sebagai seorang muslimah keturunan Dayak yang ampuh dalam pengobatan tradisional, namun silsilah keluarganya tidak diketahui.

Kesimpulan

Jadi, klaim bahwa Ida Dayak adalah keturunan orang terpenting Presiden Soekarno itu tidak benar atau salah.