Heboh! Warga Jember Melahirkan di Pinggir Jalan, Begini Kondisi Bayinya – Berita Jatim

by
Heboh! Warga Jember Melahirkan di Pinggir Jalan, Begini Kondisi Bayinya

Pahami.id – Warga Jember dihebohkan dengan video seorang perempuan melahirkan di pinggir jalan desa.

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di jalan penghubung Kampung Kalilagah dan Jambesari pada Rabu (20/12/2023) dini hari.

Wanita yang melahirkan di pinggir jalan tersebut diketahui bernama Puan H, berusia sekitar 30 tahun, warga Kampung Jambesari, Kecamatan Sumberbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Jember Hendro Soelistijono menceritakan kronologi By. H melahirkan di pinggir jalan.

Awalnya Ny. H ingin persalinannya dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bayi yang dikandungnya merupakan anak keenamnya. Selama ini isinya sengaja disembunyikan karena malu.

“Sepanjang kehamilannya, dia tidak pernah kontrol dan pengobatan,” kata Hendro dikutip dari Beriajatim.com, media partner Pahami.id.

Bu H kemudian menunggu hingga pembukaan selesai. Sebelumnya, cairan ketuban yang keluar sudah banyak. Namun, ternyata dia belum dilahirkan. “Baru pukul dua siang dia berangkat ke Puskesmas naik sepeda motor bersama suaminya (inisial NY),” kata Hendro.

Saat berada di tengah jalan, Ny. H terasa kurus. Setelah diperiksa, terlihat kepala bayi tersebut. “Di sana ada bidan swasta. Puan Suami H kemudian meminta bantuan bidan. Seorang bidan yang menolak membantu. Namun akhirnya bidan puskesmas dipanggil, dan proses persalinan kemudian ditangani, kata Hendro.

Sementara itu, Camat Sumberbaru, Herman mengatakan, ibu dan bayinya sudah dirawat tim medis. Ia juga membenarkan bahwa bayi Ny. H dalam keadaan sehat.

“Jadi dalam kasus ini sebenarnya orang tersebut berobat ke puskesmas, namun karena tidak sanggup, akhirnya warga kami melahirkan di pinggir jalan. Namun setelah itu ditangani oleh petugas medis, pak, dan anak lahir dengan sehat, info lebih lanjut akan kami kabari nanti,” kata Herman dikutip dari Suarajatimpost.com–mitra Pahami.id.

Sementara itu, Dinas Sosial Jember juga telah mengunjungi Puan. H dirawat untuk memberikan bantuan rehabilitasi sosial.

Dinas Sosial juga telah memberikan perhatian kepada keluarga, anak dan orang tua. Diantaranya bantuan berupa sembako, susu, dan pakaian bayi.