Hasib Wahab Chasbullah dan Abdur Hakim Mahfudz Calon Kuat Jadi Ketua PWNU Jatim – Berita Jatim

by
Hasib Wahab Chasbullah dan Abdur Hakim Mahfudz Calon Kuat Jadi Ketua PWNU Jatim

Pahami.id – Pasca Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memecat KH Marzuqi Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim, kini mulai bermunculan dua sosok pengganti.

Dua calon pengganti KH Marzuqi Mustamar berasal dari dua kiai Jombang, yakni KH Hasib Wahab Chasbullah alias Gus Hasib, Pengurus PPBU Tambakberas Jombang, dan KH Abdur Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Pengurus Tebuireng. Pesantren Jombang.

Gus Hasib mengaku menerima tawaran PBNU menjadi Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar.

“Benar saya dihubungi salah satu pengurus PBNU. Tapi saya tidak menganggapnya serius,” kata Gus Hasib dikutip dari Berita Jawa Timur – Jaringan Pahami.id, Senin (8/1/2024).

Putra KH Wahab Chasbullah ini mengatakan, dirinya siap jika diberi kepercayaan memimpin NU Jatim. “Kalau saya diberi amanah, saya terima,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, jika bisa memilih, Gus Hasib justru akan memilih posisinya saat ini sebagai salah satu pimpinan PBNU. “Karena posisi saya di bawah Panglima,” lanjutnya.

Pengasuh PPBU Tambakberas Jombang KH Hasib Chasbullah [BeritaJatim -jaringan Pahami.id]

Selain itu, Gus Hasib menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada PBNU. “Pilih saya atau Gus Kikin itu terserah PBNU. Intinya saya siap jika diberi amanah, kata mantan anggota DPR RI ini.

Lantas bagaimana pandangan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Gus Kikin? Cicit Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari itu tak menampik dirinya diisukan akan menggantikan KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim. Hanya saja dia belum mendapat tawaran langsung dari PBNU.

“Saya dengar rumor dia akan menggantikan Kiai Marzuki. Hanya saja persoalan ini masih melekat di PBNU yang sedang memprosesnya mulai dari pimpinan PBNU, Pimpinan Umum, dan Sekjen. “Saya baru dengar,” kata Gus Kikin.

Jika mendapat tawaran dari PBNU, Gus Kikin tak akan langsung menyatakan siap. Gus Kikin akan berpikir dulu. “Aku akan istirahat dulu. “Mana yang terbaik, apalagi NU,” ujarnya.

Sebagai informasi, KH Marzuki Mustamar dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam mengaku menerima informasi tersebut tadi malam.

Mantan Wakil Ketua PWNU Jatim ini mengatakan, Kiai Marzuki tak lagi menjabat sebagai Ketua PWNU Jatim.

“Saya mendapat informasi tadi malam dari manajemen yang ikut rapat di Hotel Shangri La Surabaya,” ujarnya, Kamis (28/12/2023) lalu.