Hadir Lagi, BRI Write Fest 2023 Usung Tema ‘Memberi Makna Indonesia’ – Berita Jatim

by
Hadir Lagi, BRI Write Fest 2023 Usung Tema 'Memberi Makna Indonesia'

Pahami.id – Kabar gembira bagi para blogger dan jurnalis di seluruh Indonesia. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengadakan lomba penulisan Jurnalistik dan Creative+ Blog yaitu BRI Write Fest 2023. Lomba yang diadakan dalam rangka HUT BRI ke 128 ini berhadiah ratusan juta rupiah dan berkesempatan mendapatkan hadiah beasiswa jika Anda juga mendaftar di Fellowship Journalism.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Perusahaan BRI, Agustya Hendy Bernadi mengatakan, kompetisi ini diadakan untuk mendorong para jurnalis menonjolkan kemampuan terbaiknya dalam menghasilkan karya jurnalistik.

“Selain meningkatkan kemampuan jurnalis, diharapkan karya jurnalistik dan pemberitaan yang dihasilkan awak media lebih informatif, akurat, mencerahkan dan juga membangun kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Kategori peserta lomba ada yaitu jurnalis televisi, media cetak, online, radio dan blogger kreatif. Setiap penulis dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Bagi jurnalis yang bekerja di media online dan cetak, dapat mengirimkan karya tulis terbitan terbaru minimal 250 kata. Sedangkan jurnalis televisi dapat mengirimkan karyanya dengan durasi video 2-3 menit, dan jurnalis radio dapat mengirimkan karya tulisnya melalui siaran berdurasi 4-5 menit. Khusus blogger wajib mengirimkan karya tulis terbitannya sebanyak 600 kata di blog masing-masing dengan minimal menampilkan data, statistik, foto, infografis, dan video.

Dok: BRI

Tema besar “Beri Makna Indonesia” pada kompetisi ini terdiri dari lima subtema pilihan, diantaranya:

1. Pelayanan BRI dan Digitalisasi kepada Masyarakat

BRI terus meningkatkan layanan dan menerapkan transformasi digital untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia

2. 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

Sejak tahun 1895, BRI terus melayani dengan penuh keikhlasan dalam memberdayakan UKM agar terus tumbuh menjadi besar dan tangguh.

3. BRI sebagai Inisiatif ESG di Indonesia

BRI sebagai bank yang berkomitmen dalam penerapan ESG di Indonesia terus memberikan inisiatif seperti green financing, pemberdayaan masyarakat, BRI Planting dan lain sebagainya.

4. BRI Berdayakan Ultra Mikro dan UKM Indonesia

BRI merupakan induk ekosistem bisnis ultra mikro bersama Pegadaian dan PNM dan terus memberdayakan segmen ultra mikro dan UMKM di Indonesia, dengan tumbuhnya lebih dari 35 juta nasabah yang sebelumnya unbanked.

5. Kepemimpinan & Transformasi BRI

BRI terus bertransformasi khususnya di bidang budaya dan digital untuk menjadi bank terkemuka dengan keuntungan terbesar di Indonesia.

Kompetisi ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 270 juta dengan rincian Rp 25 juta (juara 1), Rp 10 juta (juara 2), Rp 5 juta (juara 3), Rp 2 juta (pemenang harapan) di setiap kategori. Selain itu, peserta yang mengirimkan lebih dari 5 karya berkesempatan memenangkan hadiah sebesar Rp 1 juta untuk 5 peserta yang beruntung dari kategori jurnalis dan blogger. Karya ini dikumpulkan pada tanggal 17 Oktober hingga 9 Desember 2023. Untuk mendaftar, peserta dapat mengakses situs resmi www.bri.co.id/briwritefest.

Tak hanya itu, kompetisi ini juga menjadi titik awal bagi para jurnalis untuk mengikuti BRI Journalism Fellowship 2024 yang dibuka pada periode yang sama (17 Oktober hingga 9 Desember 2023). Program tahunan BRI memberikan kesempatan kepada para jurnalis untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi (Master) hanya dapat menerima setiap karya yang telah didaftarkan pada BRI Write Fest.

Persyaratan lain yang ditetapkan dalam program BRI Fellowship Jurnalistik adalah Anda merupakan jurnalis aktif di perusahaan media yang telah tersertifikasi Dewan Pers dan minimal memiliki Sertifikat Kompetensi Jurnalis Muda. Dan usia maksimal 45 tahun pada tanggal 31 Desember 2023. Peserta juga perlu mengirimkan seluruh persyaratan pendaftaran ke situs resmi bri.co.id/fellowshipjournalism.